Note

Penghuni Kejutan LQ45, Valuasi Mitra Pack (PTMP) Kemahalan

· Views 28
Penghuni Kejutan LQ45, Valuasi Mitra Pack (PTMP) Kemahalan
Penghuni Kejutan LQ45, Valuasi Mitra Pack (PTMP) Kemahalan. (Foto: Mitra Pack)

IDXChannel – Saham PT Mitra Pack Tbk (PTMP) membuat heboh investor usai menjadi konstituen baru indeks LQ45. Valuasi emiten pengemasan makanan tersebut ternyata tergolong mahal (overvalued).

PTMP, yang mengejutkan investor, terbilang memiliki kapitalisasi pasar (market cap) yang jauh lebih kecil dibandingkan yang lainnya. PTMP memiliki market cap Rp900,05 miliar per 26 Januari 2024.

Baca Juga:
Penghuni Kejutan LQ45, Valuasi Mitra Pack (PTMP) Kemahalan Saham Astra (ASII) Merah Lagi, Rawan Menuju ke Target JP Morgan?

Bandingkan dengan penghuni anyar LQ45 lainnya macam MBMA yang mempunyai valuasi pasar Rp72,90 triliun atau PGEO yang sebesar Rp54,64 triliun.

Bobot PTMP terhadap indeks LQ45 juga sangat kecil, yakni 0,01 persen, paling mini di antara nama lainnya.

Baca Juga:
Penghuni Kejutan LQ45, Valuasi Mitra Pack (PTMP) Kemahalan Tambah Koleksi, Komisaris Phapros Masrizal Belanja 154,5 Ribu Saham PEHA

Secara valuasi, menggunakan metrik price-to earnings ratio (PER) alias harga saham dibandingkan dengan laba perusahaan, PTMP terbilang sangat mahal. Angka PER PTMP 119,35 kali, di atas aturan umum (rule of thumb) 10-15 kali.

Memakai metrik populer lainnya, rasio price-to book value (PBV) atau harga saham dibandingkan dengan nilai buku perusahaan emiten yang melantai sejak 6 Maret 2023 tersebut juga tinggi, 5,36 kali. Angka PBV PTMP juga tinggi, di atas aturan praktis 1-2 kali.

Baca Juga:
Penghuni Kejutan LQ45, Valuasi Mitra Pack (PTMP) Kemahalan Harga Naik Tak Wajar, Saham Indo Boga Sukses (IBOS) Dipelototi BEI

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 11.48 WIB, saham PTMP terkoreksi 4,23 persen ke Rp272 per saham. Pada Jumat (26/1),  saham PTMP ditutup menyentuh auto rejection atas (ARA) 24,56 persen seiring pasar merespons positif masuknya perseroan ke indeks LQ45.

Sebelumnya, dalam keterbukaan informasi, Kamis (25/1), BEI melakukan evaluasi mayor indeks IDX30, LQ45, hingga IDX80 dan evaluasi minor indeks macam SMInfra18. PTMP menjadi nama yang membuat pelaku pasar riuh. 

Selain PTMP, 3 penghuni LQ45 lainnya adalah emiten nikel PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA), emiten menara PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL), emiten geotermal PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO).

Sebagai informasi, untuk indeks utama seperti IDX30, LQ45, IDX80, periode efektif evaluasi berlaku mulai 1 Februari 2024 sampai dengan 31 Juli 2024.

Profil Singkat PTMP

Berdasarkan laporan tahunan perusahaan, PTMP bergerak dalam bidang perdagangan barang-barang industri pengemasan seperti coding, marking & labelling beserta consumable-nya, product inspection seperti metal detector, Xray inspection system, check- weigher dan food packaging (pengemasan makanan).

Mitra Pack juga menyediakan suku cadang dan servis (after sales) kepada para pelanggannya. Untuk mesin coding & marking beserta consumable-nya. Perseroan adalah ‘authorized distributor’ dari Markem-Imaje.

Sedangkan, untuk Product Inspection Solution, saat ini perusahaan bertindak sebagai ‘authorized agent’ dari Thermo Fisher Scientific (USA).

Lokasi operasional Mitra Pack berada di Tangerang, yang juga sebagai central-warehouse, equipment demo room dan service center. Perseroan juga mempunyai kantor perwakilan untuk penjualan dan pelayanan yang terdapat di Semarang dan Surabaya.

Tanggapan BEI

Sebelumnya, Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik menjelaskan bahwa masuknya PTMP ke dalam daftar LQ45 sudah sesuai dengan kriteria dan parameter yang ditentukan oleh BEI. 

Terkait penentuan emiten untuk bisa masuk ke dalam indeks LQ45, Jeffrey menyebut terdapat parameter kuantitatif dan kualitatif.

“Dari bursa tidak akan bisa membuka secara penuh terkait metodologinya, supaya tidak ada pihak-pihak tertentu yang dengan sengaja menyesuaikan untuk bisa masuk ke dalam konstituen LQ45,” kata Jeffrey kepada wartawan di Gedung Bursa Efek Indonesia pada Jumat (26/1).

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.