Note

Rusia melampaui Arab Saudi sebagai pemasok minyak utama Tiongkok

· Views 50
Rusia melampaui Arab Saudi sebagai pemasok minyak utama Tiongkok

Rusia mengambil alih posisi Arab Saudi untuk menjadi pemasok minyak terbesar ke Tiongkok pada tahun lalu, Bloomberg melaporkan, mengutip data bea cukai Tiongkok.

Pada tahun 2023, Tiongkok membeli 107 juta ton minyak mentah Rusia dengan rata-rata $77 per barel, naik 25% dari tahun 2022. Hal ini menjadikan Rusia sebagai pemasok minyak terbesar Tiongkok untuk pertama kalinya sejak tahun 2018. Rusia juga merupakan eksportir bahan bakar minyak terbesar ke Tiongkok, memasok 9,6 juta ton.

Arab Saudi menempati peringkat kedua di antara eksportir minyak utama. Pada tahun 2023, kerajaan tersebut mengirimkan hampir 86 juta ton minyak mentah ke Beijing. Posisi ketiga dan keempat dalam daftar pemasok hidrokarbon terkemuka ke Tiongkok masing-masing ditempati oleh Irak dan Malaysia. Khususnya, minyak Iran sering dianggap sebagai minyak yang berasal dari Malaysia.

Meskipun ada batasan harga sebesar $60 per barel, kilang-kilang Tiongkok secara aktif membeli minyak murah Rusia. Menurut Bloomberg, minyak dari Timur Jauh adalah yang paling banyak diminati karena jalur pasokannya yang sudah mapan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.