Note

Mantan Istri Orang Terkaya Dunia Jual Saham Amazon Rp 157 T

· Views 29
Mantan Istri Orang Terkaya Dunia Jual Saham Amazon Rp 157 T
MacKenzie Scott/Foto: Getty Images
Jakarta

Mantan istri Jeff Bezos, MacKenzie Scott dikabarkan menjual 65 juta lembar saham Amazon pada 2023. Nilai jual puluhan juta lembar saham tersebut mencapai US$ 10 miliar atau Rp 157 triliun (kurs Rp 15.775).

Dikutip dari CNN, Sabtu (27/1/2024), MacKenzie menjadi perempuan terkaya di dunia setelah bercerai dengan Jeff Bezos. Kala itu, ia menerima 19,7 juta saham atau 4% dari total saham Amazon. Sejak saat itu, ia pun menjual sebagian sahamnya dan menyumbangkan miliaran dolar AS untuk amal.

Bezos mempertahankan hak suara saham MacKenzie sebagai bagian dari perjanjian cerai. Bezos melaporkan hal itu ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), sebagian bagian dari pengungkapan 11,5% sahamnya di perusahaan tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada 2019, MacKenzie menandatangani Giving Pledge, sebuah janji yang ditandatangani oleh ratusan orang terkaya di dunia untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka kepada publik. Janji tersebut ditandatangani oleh para orang terkaya seperti Warren Buffett, Bill Gates dan Mark Zuckerberg.

Bezos tidak menandatangani perjanjian tersebut, tapi kepada pada 2022 Bezos mengklaim ia berencana mencurahkan sebagian besar kekayaannya untuk memerangi perubahan iklim dan mendukung orang-orang yang dapat mempersatukan umat manusia.

Hal berbeda dilakukan oleh mantan istrinya, pada Desember 2023, MacKenzie mengumumkan telah menyumbang US$ 2,15 miliar atau Rp 33,9 triliun kepada publik lewat yayasannya yakni Yield Giving sepanjang 2023. Organisasi nirlaba itu telah menyalurkan dana kepada 360 organisasi.

Meskipun MacKenzie telah menjual miliaran dolar AS saham Amazon dalam beberapa tahun terakhir, jumlah kekayaan bersihnya mencapai lebih dari US$ 37 miliar atau Rp 583 triliun menurut Indeks Miliarder Bloomberg.

(ara/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.