Note

Indeks S&P 500 Akhiri Rekor Tertinggi Selama Sepekan Usai Perkiraan Pendapatan Intel yang Lemah

· Views 39
Indeks S&P 500 Akhiri Rekor Tertinggi Selama Sepekan Usai Perkiraan Pendapatan Intel yang Lemah
Indeks S&P 500 Akhiri Rekor Tertinggi Selama Sepekan Usai Perkiraan Pendapatan Intel yang Lemah. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Wall Street dengan indeks S&P 500 mengakhiri rekor tertinggi lima sesi berturut-turut pada perdagangan Jumat (26/1/2024) waktu setempat.

Hal itu terjadi dengan Intel (INTC.O), merosot setelah perkiraan pendapatan yang lemah, sementara data ekonomi AS menunjukkan inflasi yang moderat. 

Mengutip Reuters, S&P 500 turun 0,07% mengakhiri sesi di 4.890,97 poin. Kemudian Nasdaq turun 0,36% menjadi 15.455,36 poin, sedangkan Dow Jones Industrial Average naik 0,16% menjadi 38.109,43 poin. 

Bahkan ketika S&P 500 dan Nasdaq mengakhiri sesi dengan lebih rendah, ketiga indeks utama mencatat kenaikan mingguan ketiga berturut-turut dan kenaikan mingguan ke-12 dari 13.


Laporan Departemen Perdagangan AS menunjukkan indeks pengeluaran konsumsi pribadi – ukuran inflasi pilihan Federal Reserve – naik moderat pada bulan Desember. Hal ini menjaga kenaikan inflasi tahunan di bawah 3% selama tiga bulan berturut-turut dan mendukung kemungkinan penurunan suku bunga tahun ini.
Pada hari Kamis, data menunjukkan pertumbuhan ekonomi AS kuartal keempat yang kuat. 

"Ini adalah angka yang bagus," kata Peter Cardillo, Kepala Ekonom Pasar Spartan Capital Securities di New York. "Dilihat dari angka PDB kemarin, laporan ini memperkuat kemungkinan soft landing, yang terus mendapatkan daya tarik." 

Intel (INTC.O) anjlok 11,9% ke level terendah dalam enam minggu setelah memberikan perkiraan pendapatan yang sangat meleset dari perkiraan karena mereka mengejar ketertinggalan dalam persaingan AI dan juga menghadapi pasar PC yang lemah. 

Pembuat peralatan manufaktur chip KLA Corp (KLAC.O) turun 6,6% menyusul perkiraan pendapatan kuartal ketiga yang mengecewakan.
Indeks Semikonduktor Philadelphia SE (.SOX) turun 2,9%, turun untuk hari kedua setelah ditutup pada rekor tertinggi pada hari Rabu. 

Untuk minggu ini, S&P 500 bertambah 1,06%, Dow naik 0,65% dan Nasdaq menguat 0,94%. 

S&P 500 dalam beberapa sesi terakhir kembali mencapai rekor tertinggi untuk pertama kalinya dalam dua tahun, memperpanjang reli yang didorong oleh optimisme terhadap perekonomian dan suku bunga yang lebih rendah, serta taruhan pada kecerdasan buatan. 

Dari perusahaan-perusahaan S&P 500 yang telah melaporkan pendapatannya sejauh ini, 78,2% telah melampaui ekspektasi, data LSEG menunjukkan, dibandingkan dengan rata-rata tingkat keberhasilan jangka panjang sebesar 67%. 

Tesla (TSLA.O) pulih 0,3%, sehari setelah pembuat mobil listrik itu turun 12% menyusul peringatan pertumbuhan yang lebih lambat pada tahun 2024. 

American Express (AXP.N) melonjak 7,1% dan mencapai rekor tertinggi setelah perusahaan kartu kredit memperkirakan laba tahunan lebih tinggi dari perkiraan. Visa (V.N) turun 1,7% setelah perkiraan pertumbuhan pendapatan kuartal saat ini yang lemah dari pemroses pembayaran terbesar di dunia. 

Apple (AAPL.O) turun 1% menjelang laporan triwulanannya Kamis depan. Produsen iPhone dan Intel termasuk di antara saham-saham yang paling membebani S&P 500. 

Colgate-Palmolive (CL.N) naik 2% setelah pembuat pasta gigi itu membukukan hasil kuartal keempat yang optimis. 

Volume di bursa AS relatif kecil, dengan 9,6 miliar lembar saham diperdagangkan, dibandingkan dengan rata-rata 11,6 miliar lembar saham pada 20 sesi sebelumnya. 

Saham-saham yang menguat melebihi jumlah saham-saham yang melemah dalam S&P 500 (.AD.SPX) dengan rasio 1,2 banding satu. 

S&P 500 mencatat 36 titik tertinggi baru dan 1 titik terendah baru; Nasdaq mencatat 93 titik tertinggi baru dan 77 titik terendah baru. 

(DKH)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.