Note

Besaran Gaji Porter Bandara, Lengkap dengan Pengertian dan Tugasnya

· Views 47
Besaran Gaji Porter Bandara (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Besaran gaji porter bandara jadi hal yang menarik untuk diulas kali ini. Porter bandara telah jadi salah satu profesi yang berpengaruh terhadap dunia kedirgantaraan. 

Baik di Indonesia maupun luar negeri, keberadaan porter dalam dunia penerbangan telah dikenal sejak lama. Porter sendiri merupakan istilah untuk orang-orang yang membantu membawakan barang penumpang. 

Porter biasanya hadir untuk membantu mobilitas para pelancong untuk membawakan barang bawaan tatkala hendak menaiki pesawat terbang. Tanpa disadari, peran mereka pun begitu penting bagi banyak orang. 

Lantas, berapa besaran gaji porter bandara? Berikut iNews.id akan berikan ulasan lengkapnya dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/1/2024). 

Besaran Gaji Porter Bandara

Besaran gaji porter bandara tergantung berbagai hal, seperti negara, bandara, dan perusahaan. Berikut sekilas mengenai nominal gaji porter bandara. 

1. Indonesia

Porter di beberapa bandara Indonesia pada umumnya dapat mengantongi penghasilan di angka Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan. Tentunya, nominal tersebut disesuaikan dengan masing-masing daerah. 

2. Australia

Negara tetangga Indonesia, Australia gaji porter bandara nominalnya mencapai AU$45.000 hingga AU$55.000 atau jika dirupiahkan mencapai Rp465 juta per tahunnya. Dengan catatan, nominal tersebut berdasarkan bandara dan kinerja individu. 

3. Inggris 

Porter bandara di Inggris per tahunnya dapat mengantongi gaji Rp278 juta hingga Rp463 juta. Lokasi bandara dan pengalaman dapat jadi dua faktor berpengaruh dalam nominal gaji tersebut. 

4. Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, seorang porter bandara rata-rata diberi gaji di angka Rp297 juta hingga Rp446 juta dalam setahun. Nominal tersebut dapat meningkat seiring dengan tambahan bonus dan tunjangan dari bandara. 

Apa itu Porter Bandara?

Porter merupakan suatu pekerjaan mengangkat barang bawaan penumpang hingga dalam kereta atau sampai pintu masuk check-in pesawat.  Meski terdengar sepele, ternyata porter memiliki bebannya tersendiri. Mereka diharuskan untuk memiliki fisik yang kuat karena diharuskan untuk mengangkat koper atau barang bawaan penumpang yang beratnya sampai berkilo-kilogram. 
Tugas Porter Bandara

Seperti disebutkan sebelumnya, tugas porter bandara, yakni membantu para penumpang untuk membawakan barang sampai pintu masuk check-in pesawat. Selain membantu para penumpang untuk membawa barang, porter juga diharuskan memiliki hubungan dekat dengan petugas di bandara tempat mereka bekerja. 

Ini dilakukan dengan tujuan agar porter dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para penumpang. Hal itu tentunya dapat memberikan kesan yang baik kepada penumpang dan tidak segan untuk menggunakan jasa mereka di kemudian hari. 

Demikian ulasan mengenai besaran gaji porter bandara. Semoga menginspirasi!

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.