Note

EUR/USD: Ekspektasi penguatan dolar lebih lanjut mungkin membatasi pergerakan ke atas

· Views 25

Siapa yang harus disalahkan dan apa yang harus dilakukan? Jika tindakan Federal Reserve tidak bertanggung jawab atas penurunan inflasi di AS dari 9% menjadi 3%, maka Bank Sentral dapat dengan mudah menurunkan suku bunga dana federal tanpa memicu pertumbuhan harga baru. Menariknya, pada tahun 2021, The Fed berbicara tentang inflasi tinggi yang bersifat sementara. Namun, ketika PCE mulai naik semakin tinggi, gagasan ini ditinggalkan dan mulai memperketat kebijakan moneter. Dan gagasan itu benar!

Nasib dolar AS bergantung pada kebijakan moneter The Fed. Indeks USD tumbuh ketika Bank Sentral menaikkan suku bunga pada tahun 2022-2023. Segera setelah hal ini dihentikan, pasar mulai mempertimbangkan kemungkinan penurunan biaya pinjaman, yang menyebabkan turunnya nilai dolar pada kuartal keempat. Namun, investor bertindak berlebihan, dan berkurangnya peluang tersebut menjadikan USD sebagai pemimpin G10. Apa berikutnya?

Dinamika Ekspektasi Pasar terhadap Fed Rate

EUR/USD: Ekspektasi penguatan dolar lebih lanjut mungkin membatasi pergerakan ke atas

Ada pendapat bahwa EUR/USD tidak akan dapat bergerak naik terlalu jauh dari level saat ini, karena perkiraan derivatif CME mengenai penurunan suku bunga dana federal sebesar 130 basis poin pada tahun 2024 masih terlalu tinggi. Dengan probabilitas 85%, pasar memperkirakan dimulainya ekspansi moneter The Fed pada bulan Mei, namun hal ini memerlukan perlambatan inflasi yang signifikan dan/atau penurunan statistik makro AS. Anggota FOMC tidak melihat hal ini dan terus bersikeras mempertahankan biaya pinjaman pada tingkat saat ini untuk jangka waktu yang lama.

Kenyataannya, stimulasi ekonomi sudah dilakukan melalui pelonggaran kondisi keuangan. Indeks saham pada nilai tertinggi dalam sejarah, imbal hasil Treasury yang tidak terlalu tinggi, dan dolar yang tidak terlalu kuat seperti pada musim gugur menyebabkan penurunan indikator dan merangsang aktivitas ekonomi. The Fed memimpin Amerika menuju soft landing, namun pada saat yang sama, Bank Sentral berisiko memicu gelombang inflasi baru.

Dinamika Kondisi Keuangan

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD: Ekspektasi penguatan dolar lebih lanjut mungkin membatasi pergerakan ke atas

Menurut saya soft landing sudah tercapai. Namun ini hanyalah tahap peralihan; hal ini dapat diikuti oleh perlambatan atau lonjakan baru dalam perekonomian Amerika. Dan skenario percepatan PDB dan inflasi tampaknya lebih baik. Jika demikian, maka penguatan dolar AS bukan hanya fenomena sementara. Indeks USD mungkin naik untuk tahun ketiga berturut-turut. Apalagi pada paruh kedua tahun 2024 ini didukung oleh faktor ketidakpastian akibat pemilu presiden di Amerika Serikat.

EUR/USD: Ekspektasi penguatan dolar lebih lanjut mungkin membatasi pergerakan ke atas

Sedangkan untuk pertemuan ECB bulan Januari dan rilis data PDB Amerika dan indeks pengeluaran konsumsi pribadi, hal tersebut hanya dapat mengguncang nilai EUR/USD tetapi tidak memberikan arahan. Hingga pertemuan pertama The Fed pada tahun 2024, pasangan mata uang utama akan cenderung berkonsolidasi di kisaran level 1.085-1.100.

Secara teknikal, pada grafik harian, EUR/USD sedang mengalami koreksi ke arah tren naik. Sampai harga kembali ke atas moving average, risiko kemunduran akan terus berlanjut. Pada saat yang sama, pengujian EMA hijau yang gagal menciptakan peluang untuk menempatkan order jual tertunda di level terendah bar di 1,0845. Hal ini akan memungkinkan terjadinya short yang terbentuk seiring dengan kenaikan pasangan mata uang utama.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.