Note

Dinamika USD/CAD dipengaruhi oleh sinyal dovish dari Bank of Canada

· Views 34

Pada hari Rabu, 24 Januari, Bank of Canada mengakhiri pertemuan perdananya tahun ini. Sambil berpegang pada konsensus pasar yang diantisipasi, regulator mempertahankan status quo pada semua aspek kebijakan moneter. Namun, sinyal halus yang berasal dari Bank Sentral tidak mendukung dolar Kanada. Trader dengan cepat merespons, menyebabkan pasangan USD/CAD mencapai level tertinggi mingguan baru dan berkonsolidasi di sekitar level 1,35. Jika rilis data penting minggu ini, termasuk PDB AS dan indeks PCE inti, gagal memberikan tekanan pada greenback, lintasan kenaikan pasangan ini dapat menargetkan level 1,3570 dan 1,3610. Level-level ini masing-masing sesuai dengan Bollinger Bands atas pada jangka waktu D1 dan batas atas cloud Kumo.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Dinamika USD/CAD dipengaruhi oleh sinyal dovish dari Bank of Canada

Meneliti grafik mingguan USD/CAD menunjukkan tren ke utara yang persisten selama empat minggu berturut-turut. Setelah mencapai harga terendah dalam 5 bulan di 1,3176 pada akhir Desember, pasangan ini mengalami perubahan haluan yang dramatis di awal tahun, turun hampir 400 poin. Pergeseran ini terutama disebabkan oleh penguatan greenback, karena sentimen pasar terhadap tindakan The Fed menjadi kurang dovish, sehingga memungkinkan kenaikan dolar untuk kembali menguat. Selain itu, meningkatnya sentimen anti-risiko akibat peristiwa di Timur Tengah berkontribusi pada penguatan mata uang Amerika, sehingga dolar Kanada tidak memiliki argumen balasan untuk melakukan "serangan balik".

Meskipun ada harapan di kalangan penjual USD/CAD akan sikap yang lebih hawkish dari Bank of Canada pada pertemuan bulan Januari, sinyal dovish bank sentral tersebut memiliki dampak yang signifikan terhadap mata uang nasional. Antisipasi ini dipicu oleh laporan terbaru mengenai kenaikan inflasi di Kanada, dengan indeks harga konsumen secara keseluruhan meningkat menjadi 3,4% pada bulan Desember, menandai pertumbuhan terkuat sejak September tahun sebelumnya. Namun, indeks inti, tidak termasuk harga energi dan pangan yang fluktuatif, turun menjadi 2,6% YoY.

Ekspektasi yang umum adalah bahwa Bank of Canada mungkin akan mengambil posisi "cukup hawkish" dan mengabaikan kemungkinan penurunan suku bunga. Bertentangan dengan asumsi tersebut, retorika bank sentral tetap dovish, sehingga menyebabkan tekanan terhadap dolar Kanada.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Bank of Canada Tiff Macklem mengalihkan fokus dari perdebatan apakah suku bunga telah cukup dinaikkan menjadi membahas berapa lama suku bunga harus dipertahankan pada level saat ini. Pernyataan penting ini mengisyaratkan potensi penurunan suku bunga di masa depan, berlawanan dengan ekspektasi sebelumnya.

Para analis, termasuk dari Royal Bank of Canada, mengamati adanya pelemahan dalam nada bicara Macklem, memperkuat keyakinan bahwa penurunan suku bunga mungkin lebih mungkin terjadi dibandingkan kenaikan suku bunga. Meskipun Macklem tidak menentukan waktu potensi pelonggaran kebijakan moneter, pasar secara independen memproyeksikan bulan April sebagai kemungkinan tanggal penurunan suku bunga pertama, bergantung pada inflasi yang tidak mendapatkan momentum dalam beberapa bulan mendatang.

Sentimen dovish dari Bank of Canada berdampak pada pasangan USD/CAD, menyebabkan pertumbuhan impulsif yang, bagaimanapun, kesulitan untuk menembus level resistance di 1,3530 (batas bawah awan Kumo pada grafik harian). Sentimen bullish masih berlanjut, dengan pasangan USD/CAD diposisikan di atas semua garis indikator Bollinger Bands dan Ichimoku pada grafik empat jam, menandakan tren bullish.

Keragu-raguan yang terjadi saat ini di kalangan pembeli disebabkan oleh laporan makroekonomi penting yang dijadwalkan untuk dirilis di Amerika Serikat, yang dapat mempengaruhi perilaku mata uang Amerika. Perkiraan memperkirakan pertumbuhan ekonomi AS sebesar 2,0% pada kuartal keempat, dengan indeks PCE inti turun menjadi 3,0%. Hasil positif yang melebihi ekspektasi dapat memberikan dukungan signifikan terhadap dolar. Dalam skenario seperti ini, pasangan USD/CAD tidak hanya dapat melampaui level resistensi 1,3610 (batas atas awan Kumo pada jangka waktu D1), membangun pijakan di sekitar angka ke-36, namun juga membuka jalan bagi level 37- Kisaran 38 angka.

Akibatnya, nasib tren utara bergantung pada tindakan kenaikan dolar. Dolar Kanada terpaksa tertinggal dari greenback karena sikap Bank of Canada yang dovish. Oleh karena itu, perhatian diarahkan pada rilis Amerika yang akan datang, dan keputusan trading akan dibuat berdasarkan hasilnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.