Note

Melambungnya Harga Minyak Mentah Jadi Katalis Positif, Saham Sektor Energi Semringah

· Views 44
Melambungnya Harga Minyak Mentah Jadi Katalis Positif, Saham Sektor Energi Semringah
Melambungnya Harga Minyak Mentah Jadi Katalis Positif, Saham Sektor Energi Semringah (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan kemarin sempat ditopang oleh sentimen kenaikan harga minyak mentah yang melambung 3%.

Head of Investor Relation Mandiri Utama Sekuritas Sulistina Prima Suci mengatakan, kenaikan harga minyak ini sudah terjadi di beberapa waktu belakang, akibat dari penarikan penyimpanan AS yang lebih besar dari perkiraan.

Baca Juga:
Melambungnya Harga Minyak Mentah Jadi Katalis Positif, Saham Sektor Energi Semringah Keluar dari LQ45, Saham Chandra Asri (TPIA) Anjlok 15 Persen

"Lalu juga ada stimulus dari pertumbuhan ekonomi China dan ketegangan geopolitik inilah yang menyebabkan dari kenaikan harga minyak yang mana hari ini melanjutkan penguatan di 3%," kata Sulistina dalam Market Buzz Power Breakfast IDX, Jumat (26/1/2024).

Sulistina melihat secara sektoral, energi memang sudah menguat dari awal pekan Januari 2024 dan sudah menjadi perhatian bagi investor.

Baca Juga:
Melambungnya Harga Minyak Mentah Jadi Katalis Positif, Saham Sektor Energi Semringah Jadi Penghuni Kejutan Indeks LQ45, Saham PTMP Langsung Terbang

"Terlihat dari awal pekan Januari, saham-saham oil seperti MEDC, ELSA itu memang sudah bergerak rally secara short term membentuk higher low," ujar Sulistina.

Jika dilihat pada pekan ketiga Januari ini terjadi koreksi yang mana peluangnya untuk investor bisa manfaatkan untuk trading short term di minyak mentah dengan rentang 3-5%.

Untuk emiten yang berkaitan di perdagangan hari ini, menurut Sulistina tentunya ada potensi penguatan di saham-saham minyak dan energi karena terlihat dari harga minyak yang didukung lagi peningkatan dari musim dingin dan juga masih adanya ketegangan geopolitik ini tentu akan menjadi katalis positif bagi emiten dan IHSG.

Rekomendasi untuk saham-saham minyak dari Mandiri Utama Sekuritas adalah MEDC yang sensitif dengan harga minyak dan RAJA yang secara teknikal sudah breakout.

Berikut saham pilihan rekomendasi yang bisa dikoleksi;

BBNI 5350 - 5750 BUY
RAJA 1420 - 1600 BUY
MDKA 2700 - 2900 BUY
MEDC 1160 - 1270 BUY

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.