Note

ANALIS MARKET (26/1/2024) : IHSG Berpotensi Kuat Merosot ke MA50 di Level 7150

· Views 32

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, S&P 500 ditutup pada level rekornya untuk sesi kelima berturut-turut pada perdagangan hari Kamis (25/01/24) didukung sentimen laporan keuangan perusahaan yang sebagian besar cukup cemerlang, sementara angka US GDP 4Q23 lebih kuat dari perkiraan dan melambatnya inflasi mendukung ekspektasi soft landing, mendorong imbal hasil obligasi lebih rendah.

AS mencatatkan pertumbuhan ekonomi di kuartal 4/2023 sebesar 3.3%, turun dari 4.9% di kuartal ketiga, walaupun melampaui ekspektasi para ekonom di angka 2%, didorong oleh kuatnya belanja masyarakat.

Sedangkan Core PCE (Personal Consumption Expenditure) prices, yang merupakan ukuran Inflasi favorit The Fed, tetap di 2% seperti kuartal sebelumnya.

Pada intinya, belanja masyarakat memang memuncak di kuartal ketiga, konsumen menghabiskan uang untuk liburan, hiburan, dan rekreasi.

Menyikapi data-data tersebut yield US Treasury tenor 10 tahun turun 4.5 bps ke angka 4.135%.

Di sisi lain, Initial Jobless Claims untuk pekan lalu tercatat 214 ribu klaim pengangguran baru, naik dari 189 ribu pada pekan sebelumnya dan juga lebih tinggi dari perkiraan 200ribu. Walau klaim pengangguran ini meningkat, adapun data Building Permits & New Home Sales (Des.) yang dirilis lebih tinggi dari estimasi, memberi petunjuk lebih lanjut bahwa kesehatan sektor properti cukup baik, dan menambah pemikiran bahwa AS itu jauh dari resesi. Untuk melengkapi indikator ekonomi di atas nanti malam sekitar jam 20.30 WIB akan diumumkan PCE price index (Des.) sebagai masukan bagi keputusan The Fed pada FOMC Meeting pekan depan.

MARKET EROPA & ASIA: Jerman masih pesimistis memandang iklim dunia usaha dalam 6 bulan ke depan, tercermin dari German Ifo Business Climate Index (Jan.). Sementara European Central Bank telah menelurkan keputusan suku bunga dengan menahannya tetap di level 4.5%, sesuai ekspektasi. Pagi ini Jepang telah mengumumkan tingkat Inflasi di Tokyo untuk bulan Januari, di mana tercatat sebesar 1.6% yoy untuk Inflasi headline maupun core CPI, yang mana keduanya ini lebih rendah dari bulan sebelumnya. Hasil tersebut akan semakin menjustifikasi kebijakan moneter super-longgar mereka dengan suku bunga negatifnya.

KOMODITAS: Harga MINYAK melonjak ke level tertinggi 8 minggu sekitar 3 persenan bagi WTI maupun Brent pada hari Kamis karena data ekonomi AS yang lebih kuat meredakan kekhawatiran mengenai perlambatan ekonomi global dan berpotensi meningkatkan prospek demand hanya sehari setelah China meluncurkan stimulus kebijakan moneter untuk menopang pasar sahamnya. Konflik di Timur Tengah masih berlangsung dan mampu berperan sebagai Support atas harga minyak, di tengah harapan akan adanya potensi gencatan senjata di Gaza.

IHSG menguji Support lower Flag dari trend Sideways jangka pendek ini, semakin menambah potensi konsolidasi ke arah 7150 bahkan ke TARGET bottom sekitar 7050-7000 level psikologis.

Sekali lagi analis NH Korindo Sekuritas perlu mengingatkan para investor/trader pasar modal Indonesia untuk tidak terlalu agresif positioning Buy saat ini, dan sebaliknya gunakan kesempatan sebaik-baiknya untuk kurangi posisi supaya ada amunisi beli ketika IHSG mencapai Support yang solid.

“Secara teknikal, IHSG memiliki potensi kuat merosot ke MA50 di level 7150, dan ada kemungkinan juga tembus turun ke support 7100,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset Jumat (26/1).

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.