Note

Bitcoin Pulih Di Atas $40.000: Pembalikan Tren Lokal?

· Views 24

Selama tiga minggu terakhir, Bitcoin telah berada dalam fase koreksi, yang harus dilihat sebagai siklus aksi ambil untung setelah reli yang panjang dan tanpa gangguan. Persetujuan spot BTC-ETF adalah peristiwa yang memicu penjualan besar-besaran koin BTC, tetapi minggu perdagangan saat ini menunjukkan bahwa proses ini mungkin akan diperpanjang dan diintensifkan. Terlepas dari posisi pembeli yang kuat, harga mata uang kripto menembus level $40 ribu, yang secara signifikan melemahkan struktur tren naik.

Bitcoin Pulih Di Atas $40.000: Pembalikan Tren Lokal?

Pada akhir hari perdagangan kemarin, aset berhasil pulih di atas $40 ribu, setelah menguji ulang $38.5 ribu dan selanjutnya pulih ke $39 ribu. Peristiwa ini harus dilihat sebagai tanda positif, namun, masih dipertanyakan apakah pembalikan di atas $40 ribu akan mengarah pada pembalikan tren lokal dan akhir dari koreksi. Kemungkinan seperti itu ada, namun pada 25 Januari, ada terlalu sedikit sinyal di pasar untuk perkembangan seperti itu.

Faktor Fundamental

Indikator ekonomi makro di AS telah menunjukkan dinamika pertumbuhan yang mengecewakan dalam aktivitas bisnis dan harga barang konsumen. Ini berarti bahwa inflasi setidaknya akan menunjukkan ketahanan pada akhir Januari, dan paling banyak, indikator akan terus tumbuh menuju 3.5%. Pada saat yang sama, penurunan signifikan dalam PDB AS pada kuartal keempat dari 4.9% menjadi 2% diperkirakan akan terjadi, yang secara positif dapat mempengaruhi aset investasi dan memicu penurunan indeks dolar AS.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Bitcoin Pulih Di Atas $40.000: Pembalikan Tren Lokal?

Dalam kasus seperti ini, pasar dapat mengharapkan hal positif jangka panjang, karena kemungkinan besar berarti bahwa Federal Reserve akan mulai melonggarkan kebijakan moneter lebih awal dari paruh kedua 2024. Indeks indikator utama AS telah menurun selama 21 bulan berturut-turut, mengindikasikan resesi yang semakin dekat, yang juga dapat ditafsirkan sebagai sinyal untuk transisi yang lebih cepat untuk menurunkan suku bunga. Namun, jika PDB AS ternyata berada di atas 2%, hal ini akan memicu penguatan dolar AS dan penurunan Bitcoin dan aset investasi lainnya.

Bitcoin di atas $40 ribu

Mata uang kripto ini berhasil menguat dan menutup hari perdagangan sebelumnya di atas $40 ribu. Saat ini, harga mata uang kripto mencapai angka $40.5 ribu, yang kini berperan sebagai level resistance utama. Peristiwa ini mengindikasikan sentimen bullish yang tinggi di pasar BTC dan peningkatan volume pembelian. Di antara para pembeli, ada baiknya menyoroti BlackRock, yang membeli 4.079 BTC tambahan untuk BTC-ETF-nya, sehingga total saldo perusahaan menjadi 44.004 BTC senilai $1.7 miliar.

Bitcoin Pulih Di Atas $40.000: Pembalikan Tren Lokal?

Bitcoin telah memberikan sinyal bullish yang penting, namun masih terlalu dini untuk membicarakan akhir dari tren penurunan lokal. Jika mata uang kripto ini berhasil mempertahankan level $40.000 dan melanjutkan pergerakan naik menuju $40.5 ribu, peluang pembalikan arah akan meningkat secara signifikan. Namun, idealnya, mata uang kripto perlu berkonsolidasi di atas $42 ribu untuk menetralkan tekanan jual. Pada 25 Januari, jelas tidak ada volume bullish yang cukup untuk dorongan naik yang kuat.

Bitcoin Pulih Di Atas $40.000: Pembalikan Tren Lokal?

Di saat yang sama, kemungkinan pergerakan turun lebih lanjut tetap ada. Jika kita menilai pertumbuhan Bitcoin dalam hal koreksi ke atas dalam struktur tren turun, tampaknya pergerakan mata uang kripto ini logis. Pada grafik 4H, ketika membangun koreksi menurut Fibonacci, kita melihat bahwa harga aset dengan jelas mencapai zona klasik di mana koreksi berakhir - di antara level 0.618 dan 0.5. Ini berarti bahwa jika BTC tidak berkonsolidasi di atas $40.5 ribu dalam jangka pendek, dorongan ke bawah akan dimulai, dengan potensi mencapai $37 ribu.

Kesimpulan

Latar belakang makroekonomi masih dalam kondisi ketidakpastian, seperti halnya pasar keuangan, tetapi resolusi sudah dekat. Bitcoin mempertahankan struktur tren penurunan, dan jika aset tidak membuat lompatan bullish di atas $40.5 ribu dalam beberapa hari mendatang, kemungkinan koreksi yang lebih dalam dengan penurunan penuh di bawah $40 ribu akan meningkat secara signifikan. Sebagian besar situasi akan bergantung pada data ekonomi makro dari AS, yang dapat memberikan BTC kesempatan lain untuk pemulihan atau mempercepat dimulainya dorongan ke bawah yang baru.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.