Note

EUR/USD: Rencana trading untuk sesi Eropa, 25 Januari 2024. Laporan COT dan ikhtisar trading kemarin. Euro memilih tempat untuk mulai.

· Views 30

Kemarin, pasangan ini membentuk beberapa sinyal entri. Amati grafik 5 menit dan diskusikan yang terjadi. Dalam perkiraan saya sebelumnya, saya fokus pada level 1,0887 dan merekomendasikan pengambilan keputusan memasuki pasar berdasarkan level tersebut. Kenaikan dan false breakout pada level ini tanpa uji ulang tidak menghasilkan sinyal beli, jadi saya terpaksa melewatkan seluruh pergerakan di pagi hari. Pada sore hari, false breakout di 1,0887 menghasilkan sinyal beli sebagai kelanjutan tren, yang mendorong harga naik ke area 1,0916. Penjualan terjadi setelah upaya yang gagal untuk menyelesaikan di atas level ini, yang memicu order stop-loss, karena reversal dalam waktu dekat tidak terjadi.

EUR/USD: Rencana trading untuk sesi Eropa, 25 Januari 2024. Laporan COT dan ikhtisar trading kemarin. Euro memilih tempat untuk mulai.

Untuk posisi long pada EUR/USD

Kemarin, data PMI AS yang kuat memberikan tekanan pada euro dan memperkuat dolar pada paruh kedua hari ini, membawa pasar kembali ke keseimbangan dalam persiapan pertemuan ECB hari ini. Meskipun ECB diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah, hal ini memberikan petunjuk bahwa ECB mungkin akan melakukan pelonggaran kebijakan bahkan sebelum Federal Reserve mengganggu rencana pembeli aset berisiko. Jika bank sentral terus mematuhi kebijakan suku bunga ketat, menyatakan kekhawatiran terhadap inflasi sambil mengandalkan perekonomian yang stabil, euro dapat keluar dari channel sideways-nya dan berkinerja baik terhadap dolar AS. Selain itu, pasangan ini dapat dipengaruhi oleh data indikator iklim bisnis, penilaian situasi saat ini, dan indikator ekspektasi ekonomi Jerman dari IFO. Jika indikatornya ternyata lebih baik dari perkiraan, maka akan menjadi alasan lain untuk membeli Euro.

Jika pasangan ini jatuh pada paruh pertama hari ini, saya akan bertindak di dekat support terdekat di 1,0866, yang terbentuk kemarin. Pembentukan false breakout di sana dan data Jerman yang kuat akan menjadi pilihan yang cocok bagi saya untuk memasuki pasar dengan tujuan koreksi lebih tinggi, yang akan mendorong pasangan ini ke 1,0900. Hanya breakout dan uji ke bawah pada kisaran ini yang akan menciptakan titik entri yang bagus untuk posisi long, bertujuan untuk koreksi ke atas dan berpotensi menguji 1,0931. Target akhir berada di level tertinggi 1,0966 tempat saya berencana melakukan take profit. Menguji level ini akan menunjukkan terbentuknya tren naik baru. Jika EUR/USD turun dan tidak menunjukkan aktivitas di 1,0866 pada paruh pertama hari ini, yang kemungkinan besar akan terjadi, maka tekanan pada pasangan ini akan kembali. Dalam hal ini, saya akan mencoba untuk memasuki pasar setelah false breakout terbentuk di dekat 1,0845. Saya akan mempertimbangkan untuk segera membuka posisi long saat rebound dari 1,0823, dengan target koreksi ke atas sebesar 30-35 pip dalam hari ini.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD: Rencana trading untuk sesi Eropa, 25 Januari 2024. Laporan COT dan ikhtisar trading kemarin. Euro memilih tempat untuk mulai.

Untuk posisi short pada EUR/USD:

Penjual mempertahankan peluang sell-off yang lebih besar. Data Jerman yang sangat lemah mungkin memberikan tekanan pada pasangan ini, namun banyak hal akan bergantung pada pernyataan Lagarde. Jika pasangan ini naik, penjual harus mempertahankan resistance terdekat di 1,0900. Pembentukan false breakout pada tanda ini akan mengkonfirmasi kehadiran pemain utama di pasar, yang mungkin mendorong pasangan ini turun ke area 1,0866 - support perantara, yang sejalan dengan moving average bullish. Penting untuk kembali ke level ini. Hanya setelah breakout dan konsolidasi di bawah kisaran ini, serta uji ulang ke atas, saya mengharapkan sinyal jual lainnya di 1,0845, penembusan ke bawah akan cukup sulit. Target akhir di sini adalah terendah 1,0823, tempat saya berencana untuk melakukan take profit. Jika EUR/USD bergerak naik selama sesi Eropa tanpa aktivitas bearish di 1,0900 dengan data Jerman yang sangat bagus, maka permintaan EUR/USD akan kembali, namun belum mengarah pada pasar bullish. Dalam hal ini, saya akan menunda posisi short hingga harga menguji resistance berikutnya di 1,0931. Saya mungkin mempertimbangkan untuk menjual di sana tetapi hanya setelah konsolidasi gagal. Saya berencana untuk memulai posisi short pada rebound dari 1,0966, dengan target koreksi ke bawah sebesar 30-35 pip.

Laporan COT

Dalam laporan COT tanggal 16 Januari, terdapat penurunan posisi long dan peningkatan posisi short, mengindikasikan adanya perubahan keseimbangan kekuatan yang menguntungkan dolar AS. Tentu saja, pasar tenaga kerja yang kuat dan kemungkinan besar terjadinya lonjakan baru dalam inflasi AS di awal tahun ini membantu untuk mempertahankan peluang kebijakan ketat dari Federal Reserve. Jika waktu penurunan suku bunga pertama Federal Reserve diundur ke periode berikutnya, hal ini akan membantu dolar menguat terhadap euro. Pertemuan ECB akan diadakan minggu ini, dan Bank Sentral juga mungkin akan mempertahankan suku bunga tidak berubah dalam perjuangannya melawan inflasi, yang akan menyamakan posisi euro dalam pasangan EUR/USD, dan membantu untuk menjaga harga tetap dalam jalurnya. Laporan COT menunjukkan posisi long nonkomersial turun 4.179 menjadi 204.294, sedangkan posisi short nonkomersial meningkat 10.606 menjadi 100.202. Hasilnya, spread antara posisi long dan short meningkat 666.

EUR/USD: Rencana trading untuk sesi Eropa, 25 Januari 2024. Laporan COT dan ikhtisar trading kemarin. Euro memilih tempat untuk mulai.

Sinyal indikator:

Moving averages:

Trading di sekitar MA 30 dan 50 hari menunjukkan pergerakan sideways.

Harap dicatat bahwa periode waktu dan level MA dianalisis hanya untuk grafik 1 jam, yang berbeda dari definisi umum MA harian klasik pada grafik 1D.

Bollinger Bands

Jika EUR/USD turun, batas bawah indikator di sekitar 1,0866 akan berfungsi sebagai support.

Deskripsi indikator:

  • Moving average dalam periode 50 hari menentukan tren saat ini dengan meratakan volatilitas dan gangguan; ditandai dengan warna kuning pada grafik;
  • Moving average dalam periode 30 hari menentukan tren saat ini dengan meratakan volatilitas dan gangguan; ditandai dengan warna hijau pada grafik;
  • Indikator MACD (Moving Average Convergence/Divergence). Fast EMA dengan periode 12 hari; Slow EMA dengan periode 26 hari. SMA dengan jangka waktu 9 hari;
  • Bollinger Bands: periode 20 hari;
  • Trader nonkomersial adalah spekulan seperti trader perorangan, dana lindung nilai, dan institusi besar yang menggunakan pasar berjangka untuk tujuan spekulatif dan memenuhi persyaratan tertentu;
  • Posisi long nonkomersial mewakili jumlah total posisi long yang dibuka oleh trader nonkomersial;
  • Posisi short nonkomersial mewakili jumlah total posisi short yang dibuka oleh trader nonkomersial;
  • Posisi net nonkomersial adalah selisih antara posisi short dan long pada trader nonkomersial.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.