Note

Rentetan Sentimen yang Membuat IHSG Hari Ini Alami Koreksi

· Views 41
Rentetan Sentimen yang Membuat IHSG Hari Ini Alami Koreksi
Rentetan Sentimen yang Membuat IHSG Hari Ini Alami Koreksi. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditutup terkoreksi pada perdagangan Kamis (25/1/2024). IHSG turun 0,69% atau 49,78 poin ke level 7.178. Pada perdagangan sebelumnya (24/1/2024), indeks juga ditutup melemah 0,39% atau 28,40 poin ke level 7.227. 

Analis Henan Putihrai Sekuritas, Steven Gunawan mengatakan bahwa indeks bertahap akan konsisten melemah karena penurunan suku bunga Amerika Serikat (AS) tertunda. 

Baca Juga:
Rentetan Sentimen yang Membuat IHSG Hari Ini Alami Koreksi Rupiah Sore Ditutup Melemah ke Rp15.826 per USD, Ini Deretan Sentimen Pemicunya

“Kalau bulan Maret suku bunga gak turun, lalu Mei gak turun juga, maka investor asing akan menghindari negara berisiko, salah satunya emerging market seperti Indonesia,” kata Steven saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Kamis (25/1/2024).

Menurut Steven, dalam memengaruhi gerak IHSG, sentimen suku bunga lebih kuat dibanding sentimen pemilu yang sedang berlangsung di dalam negeri. Pasalnya, data tenaga kerja dan inflasi AS terakhir masih kuat.

Baca Juga:
Rentetan Sentimen yang Membuat IHSG Hari Ini Alami Koreksi Saham HMSP Melemah Tersengat Sentimen Boy Thohir

“Pelaku pasar baik asing maupun domestik itu wait and see, karena selain pemilu ada tiga data ekonomi yang akan rilis yaitu pertumbuhan ekonomi AS kuartal IV, data pesanan pabrik, dan indeks belanja pribadi,” ujar Steven.

Lebih lanjut, terkait isu pengunduran diri sejumlah menteri. Steven menyebut, para pelaku pasar akan melihat sosok menteri keuangan yang dinilai penting untuk menjaga harmonisasi kebijakan fiskal dan moneter.

Baca Juga:
Rentetan Sentimen yang Membuat IHSG Hari Ini Alami Koreksi IHSG dalam Tren Baru, Tiga Sentimen Ini Jadi Penopang

“Kalau menteri keuangan itu saat (masa jabatan) Presiden selesai, dia juga selesai. Ini menjadi concern juga,” imbuh Steven.

(SLF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.