Note

USD/JPY: Tren kenaikan meningkat karena yen terus melemah

· Views 36

Bahkan pada hari Natal, sebagian besar investor yakin bahwa pukulan buruk terhadap yen telah berakhir dan dolar AS akan merosot ke £130 karena perbedaan dalam kebijakan moneter The Fed dan Bank of Japan. Namun, hanya tiga hingga empat minggu kemudian, segalanya menjadi terbalik. Harga USD/JPY melonjak sebesar 5% sejak awal tahun 2024 dan kembali ke level di mana pejabat Tokyo menggunakan intervensi verbal untuk meredam antusiasme ofensif pembeli. Yen kembali menjadi mata uang asing utama di antara mata uang G10. Apakah ini ditakdirkan?

Pernyataan Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki bahwa pemerintah memantau dengan cermat peristiwa-peristiwa di Forex sepertinya membawa pasar kembali ke bulan November. Kemudian, USD/JPY trading di atas 150, dan pejabat Tokyo sedang memikirkan cara menghentikan dolar AS. Mereka berhasil melakukannya dengan bantuan pihak lain – melalui poros dovish The Fed pada bulan Desember. Derivatif CME mulai memberikan landasan bagi ekspektasi penurunan suku bunga dana federal sebesar 150 basis poin pada tahun 2024, dan hal ini cukup untuk menenggelamkan indeks USD.

Akibatnya, para manajer aset bersikap bullish terhadap yen selama empat minggu penuh, namun gempa bumi di Jepang dan penilaian ulang pandangan pasar terhadap nasib suku bunga dana federal memaksa mereka untuk kembali ke posisi bearish.

Dinamika USDJPY dan posisi manajer aset terhadap yen

USD/JPY: Tren kenaikan meningkat karena yen terus melemah

Menurut Saxo Capital, penjual USD/JPY akan kesulitan mempertahankan posisi yang mereka menangkan dalam waktu dekat, karena statistik makro AS yang kuat dan meningkatnya risiko kembalinya Donald Trump ke Gedung Putih akan mendorong kenaikan imbal hasil Treasury AS. Dalam situasi seperti ini, akan sulit bagi pemerintah Jepang dan bank sentral untuk membantu yen.

Memang benar, meskipun Gubernur Bank of Japan Kazuo Ueda memberi sinyal normalisasi kebijakan moneter, keberhasilan penurunan USD/JPY ternyata hanya bersifat sementara. Kepala Bank of Japan menyatakan bahwa kenaikan suku bunga semalam akan bertujuan untuk mempertahankan kebijakan yang merangsang dan tidak menyebabkan guncangan serius di pasar keuangan. Menurutnya, keyakinan terhadap pencapaian target inflasi 2% secara bertahap semakin meningkat. Sementara itu, BoJ menurunkan perkiraan IHK untuk tahun fiskal 2024 dari 2,8% menjadi 2,4%.

Dinamika inflasi di Jepang, Amerika, dan Zona Euro

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
USD/JPY: Tren kenaikan meningkat karena yen terus melemah

USD/JPY: Tren kenaikan meningkat karena yen terus melemah

Reaksi USD/JPY menunjukkan bahwa investor tidak yakin apakah normalisasi kebijakan moneter BoJ akan cukup untuk mematahkan tulang punggung kenaikan. Untuk kembali ke tren menurun, diperlukan upaya dari kedua belah pihak, termasuk pelemahan dolar AS. Hal ini bisa disebabkan oleh statistik makro AS yang mengecewakan. Namun, jika mata uang ini tidak ada, maka sulit untuk mengandalkan kebangkitan yen.

Secara teknis, pada grafik harian, USD/JPY berkonsolidasi di dekat nilai wajar 147,9. Selama harga berada di bawah, ada risiko turun ke support dalam bentuk moving average dan memantul darinya. Tes yang gagal akan menjadi sinyal untuk membeli dolar AS terhadap yen Jepang. Long position juga relevan jika pasangan ini kembali ke titik tertinggi dengan bayangan bawah yang panjang di 148.7.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.