Note

Kenaikan EUR/USD melancarkan serangan balik

· Views 25

"Beli rumornya, jual faktanya!" Euro jatuh ke level terendah sejak pertengahan Desember di tengah ekspektasi lemahnya statistik aktivitas bisnis Eropa dan koreksi indeks saham AS. Kenyataannya, S&P 500 mencatat rekor tertinggi dalam sejarahnya untuk ketiga kalinya, dan indeks manajer pembelian manufaktur di blok mata uang pada bulan Januari memberikan kejutan yang menyenangkan. Akibatnya, penjual EUR/USD mulai mengunci keuntungan, dan pasangan mata uang utama melonjak di atas level 1.09.

PMI gabungan Zona Euro pada bulan Januari naik dari 47,6 menjadi 47,9, mendekati perkiraan konsensus para ahli Bloomberg sebesar 48. Aktivitas bisnis di sektor manufaktur secara signifikan melebihi perkiraan, sementara sektor jasa agak mengecewakan. Indikator-indikator yang berada di bawah angka kritis 50 poin menandakan resesi. Namun, menurut Bloomberg Economics, kumpulan data tersebut akan memungkinkan ECB untuk mempertahankan suku bunga. Dan bukan hanya di bulan Januari, tapi selama beberapa bulan ke depan. Bulan Juni tetap menjadi waktu yang paling memungkinkan untuk dimulainya ekspansi moneter.

Dinamika aktivitas bisnis Eropa dan PDB

Kenaikan EUR/USD melancarkan serangan balik

Dua perekonomian terkemuka di blok mata uang, Jerman dan Perancis, senang dengan indeks manajer pembelian manufaktur dan kecewa dengan sektor jasa. Hal ini merupakan tren umum yang menunjukkan bahwa pemulihan ekonomi pasca pandemi telah berakhir sepenuhnya. Situasi mencekam di Laut Merah seolah tak menimbulkan permasalahan baru. Gangguan rantai pasokan dapat menyebabkan kenaikan inflasi, yang tentunya tidak diperlukan oleh ECB.

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde diperkirakan akan menyatakan bahwa ECB tidak siap membahas penurunan suku bunga. Menurut UniCredit, hanya guncangan deflasi yang signifikan yang akan memaksanya mengambil langkah pertama sebelum bulan Juni.

Dinamika aktivitas bisnis di Jerman dan Perancis

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Kenaikan EUR/USD melancarkan serangan balik

Baik kelompok "hawks" maupun "doves" dari ECB mempunyai argumen masing-masing. Para pendukung mempertahankan suku bunga deposito pada tingkat 4% saat ini berpendapat bahwa akibat konflik di Timur Tengah, pasar tenaga kerja yang kuat di Zona Euro, dan membaiknya kondisi keuangan, inflasi akan mampu stabil pada tingkat yang lebih tinggi. Sebaliknya, lawan mereka percaya bahwa melemahnya perekonomian blok mata uang, jatuhnya harga grosir gas ke level terendah dalam dua tahun, dan menurunnya harga produsen akan mendorong CPI semakin rendah. Siapa yang benar dan siapa yang salah akan dinilai dari data. Untuk saat ini, keputusan terbaik bagi ECB adalah jeda.

Kenaikan EUR/USD melancarkan serangan balik

Hal ini tidak hanya diperlukan bagi bank sentral tetapi juga untuk EUR/USD. Pasangan mata uang utama telah trading dalam kisaran sempit 1,085-1,100 selama beberapa minggu ini, dan statistik ketenagakerjaan, inflasi, dan penjualan ritel AS yang kuat maupun catatan S&P 500 tidak dapat mendorong pasangan ini keluar dari sana.

Secara teknis, pada grafik harian, EUR/USD kembali ke kisaran nilai wajar 1.085–1.098. Ketidakmampuan beruang untuk mengusirnya adalah tanda kelemahan mereka. Pada saat yang sama, rebound dari resistance di level 1.095, 1.097, dan 1.098 akan menjadi alasan untuk menjual.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.