Note

Layak Dikoleksi, Begini Analisis Saham Perbankan Jelang Laporan Keuangan

· Views 34
Layak Dikoleksi, Begini Analisis Saham Perbankan Jelang Laporan Keuangan
Layak Dikoleksi, Begini Analisis Saham Perbankan Jelang Laporan Keuangan (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Sektor perbankan tengah menghadapi fase konsolidasi akibat sentimen politik dalam dan luar negeri. Meski demikian, saham sektor perbankan dianggap masih layak koleksi.

Head of Research Mirae Asset Sekuritas Indonesia Robertus Hardy mengatakan, penurunan saham-saham perbankan hanya sebatas dampak dari kenaikan saham yang tinggi pada periode awal November 2023 hingga awal Januari 2024. M

“Masih layak (untuk dikoleksi) karena selama suku bunga masih tinggi kan net interest marginnya juga profitability masih tinggi juga,” kata Robertus dalam acara Media Day Mirae Asset di Jakarta pada Rabu (24/1/2024).

Sementara itu, saham-saham perbankan bluechips diperkirakan masih akan menghadapi tekanan. Hal itu terutama dengan adanya rilis kinerja kuartal IV 2023. Robertus menyebut, rilis kinerja akan sangat memengaruhi pergerakan saham perbankan, meski sebelumnya telah ada keputusan pembagian dividen dengan nilai besar.

Kendati demikian, Robertus mengatakan prospek jangka panjang untuk saham perbankan masih sangat positif. Utamanya didorong oleh kestabilan suku bunga yang tinggi dan profitabilitas yang solid.

“Jadi mungkin yang dinantikan adalah penurunan suku bunga, itu yang bisa menjadi katalis selanjutnya,” imbuh Robertus. 

Hingga penutupan sesi pertama, saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) tercatat naik 0,52% ke level Rp9.575 dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) menguat 0,46% ke level Rp5.500. Sedangkan, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) ditutup terkoreksi 0,39% ke level Rp6.375, serta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) yang stagnan di level Rp5.650. 

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.