Note

Jokowi Minta 'BPOM' Tanzania Percepat Registrasi Obat RI

· Views 28
Jokowi Minta 'BPOM' Tanzania Percepat Registrasi Obat RI
Presiden Joko Widodo terima kunjungan Presiden Tanzania/Foto: ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Bogor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Tanzania Medicines and Medical Devices Authority (TMDA) mempercepat proses sertifikasi dan registrasi obat asal Indonesia. Hal ini diungkapkan Jokowi saat menerima kunjungan Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Menurutnya, perusahaan farmasi Indonesia sudah siap mengekspor obat ke Tanzania. Saat ini masalahnya cuma belum ada registrasi dan sertifikasi obat-obatan dari TMDA.

TMDA merupakan lembaga yang serupa dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia. Umumnya, urusan farmasi dan obat-obatan harus dicek di lembaga itu sebelum bisa disebarluaskan ke publik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Terkait kesehatan perusahaan farmasi Indonesia telah berkomitmen penuhi kebutuhan medis di Tanzania. Saya sampaikan pentingnya penjajakan insentif antara BPOM dan Tanzania Medicines and Medical Devices Authority untuk percepatan registrasi produk farmasi," ungkap Jokowi dalam keterangan pers bersama, Kamis (25/1/2024).

Indonesia, kata Jokowi, juga berkomitmen melakukan pembangunan dan revitalisasi berbagai proyek di Tanzania. Salah satunya adalah revitalisasi farmer agriculture and ruler training center di Morogoro hingga pelatihan sumber daya migas di sektor migas dan pertanian.

"Indonesia berkomitmen kerja sama untuk membangun revitalisasi farmer agricultural center di Morogoro. Kemudian, pelatihan sumber daya manusia di bidang migas dan pertanian, dan penerapan national single window system," beber Jokowi.

(hal/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.