Note

Umumkan Rights Issue, Begini Peluang Kebangkitan Saham FREN dari Level Gocap

· Views 33
Umumkan Rights Issue, Begini Peluang Kebangkitan Saham FREN dari Level Gocap
Umumkan Rights Issue, Begini Peluang Kebangkitan Saham FREN dari Level Gocap (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Emiten operator telekomunikasi, PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) siap menggelar penambahan modal dengan skema rights issue dengan nilai jumbo Rp8,5 triliun.

Aksi korporasi dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) ini dinilai dapat membangun katalis positif saham FREN sehingga berpeluang membangkitkan harga di level gocap alias Rp50 per saham.

Baca Juga:
Umumkan Rights Issue, Begini Peluang Kebangkitan Saham FREN dari Level Gocap Smartfren (FREN) Gelar Rights Issue Jumbo, Bidik Dana Rp8,57 Triliun 

Investment Analyst Stockbit Arvin Lienardi mengatakan bahwa secara historis saham FREN mengalami kenaikan harga signifikan setelah merampungkan rights issue. Ini terlepas dari rumor di kalangan pelaku pasar bahwa rights issue ini dibuat untuk memfasilitasi merger FREN dengan PT XL Axiata Tbk (EXCL).

Diketahui ini merupakan rights issue ketiga yang dilakukan FREN dalam 6 tahun terakhir setelah pada November 2018 dan April 2021.

Baca Juga:
Umumkan Rights Issue, Begini Peluang Kebangkitan Saham FREN dari Level Gocap Menanti Akhir Teka-teki Merger XL Axiata (EXCL) dan Smartfren (FREN)

“Oleh sebab itu, rights issue kali ini juga berpotensi memberikan sentimen positif bagi pergerakan harga saham FREN,” kata Arvin dalam risetnya, Kamis (25/1/2024).

Arvin menyebut secara fundamental rights issue FREN dapat memperbaiki posisi keuangan FREN yang per September 2023 masih terbebani utang total Rp11,6 triliun.

“Dana dari rights issue ini berpotensi mengurangi hingga 47,3% utang tersebut. Sebelumnya FREN juga telah mengalihkan bisnis data center-nya senilai Rp544 M kepada Dian Swastatika Sentosa (DSSA),” paparnya.

Sebagaimana diketahui, FREN siap menggelar rights issue sebanyak-banyaknya 171,46 miliar saham baru dengan harga pelaksanaan sebesar Rp50/lembar.

Perseroan berpeluang meraup dana segar dari aksi korporasi ini mencapai Rp8,57 triliun. Adapun sebesar Rp5,48 triliun dari dana tersebut bakal dialokasikan untuk pembayaran utang dan bunga pinjaman sementara sisanya untuk modal kerja. 

Dalam prospektus, bagi pemegang saham yang tidak menebus haknya maka akan mengalami dilusi maksimum hingga 29,7%. Adapun BCA Sekuritas menjadi pihak yang siap menebus sisa saham baru yang belum dikonversi maksimal sebanyak 96,04 miliar lembar.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.