Note

Apa yang diperlukan untuk melanjutkan reli XAU/USD?

· Views 30

Emas mengawali tahun 2024 dengan kondisi yang kurang baik. Terlepas dari meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah, logam mulia ini kehilangan sekitar 2% nilainya sejak awal Januari. Namun, klien Goldman Sachs mengutip bahwa geopolitik dan pemilihan presiden AS sebagai risiko utama bagi pasar di tahun baru, melebihi inflasi dan resesi yang mendominasi pada tahun-tahun sebelumnya.

Risiko-risiko utama untuk pasar di tahun 2024

Apa yang diperlukan untuk melanjutkan reli XAU/USD?

Faktanya, emas terus menunjukkan peningkatan sensitivitas terhadap kebijakan moneter Federal Reserve. Menurunnya kemungkinan mengenai penurunan suku bunga dana federal sebesar 25 bps pada pertemuan FOMC bulan Maret dari (80% menjadi 52%) menjadi katalisator yang tidak hanya untuk penguatan dolar AS, tetapi juga untuk penurunan kuotasi XAU/USD.

Menurut riset CME Group, logam mulia bereaksi terhadap ekspektasi suku bunga pasar jangka pendek selama dua tahun. Dari Oktober 2018 hingga Juni 2020, kontrak berjangka bertransisi dari harga 3% menjadi hampir nol sehingga emas naik dari $1.200 menjadi $2.080 per ons, yaitu sebesar 73%. Namun, pada tahun 2021-2022, suku bunga meningkat dari nol menjadi 4,5%, yang merupakan berita buruk bagi logam mulia. Saat ini, harga kembali turun, memungkinkan kita untuk membicarakan prospek bullish untuk XAU/USD.

Dinamika korelasi emas dengan ekspektasi suku bunga the Fed

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Apa yang diperlukan untuk melanjutkan reli XAU/USD?

Di sisi lain, CME Group mencatat bahwa kuotasi tersebut telah memasukkan penurunan suku bunga dana federal sebesar 200 bps pada tahun 2024-2025. Oleh karena itu, untuk melanjutkan reli, emas kemungkinan akan membutuhkan penurunan biaya pinjaman menjadi 3% pada pertengahan tahun depan. Dilihat dari perkiraan optimis JP Morgan tentang logam mulia yang melonjak menjadi $2.175 per ounce pada kuartal keempat dan hingga $2.300 per ounce pada kuartal ketiga tahun 2025, bank tersebut meyakini hal ini. Namun, hal ini mungkin akan sia-sia.

The Fed mungkin tidak akan melonggarkan kebijakan moneter secara agresif. Di satu sisi, pasar tenaga kerja yang kuat dan ekonomi AS, dan kembalinya gangguan pasokan karena konflik geopolitik,di sisi lain, berisiko membalikkan proses deflasi. Inflasi yang tinggi dapat kembali terjadi. Selain itu, upaya the Fed untuk menurunkannya akan sia-sia. Pilihan terbaik adalah "duduk dan mengamati", setidaknya hingga bulan Juni. Dalam skenario seperti itu, emas akan terus berada di bawah tekanan.

Apa yang diperlukan untuk melanjutkan reli XAU/USD?

Yang dapat membantu hanyalah memburuknya statistik makro Amerika Serikat. Karena tidak ingin membiarkan resesi, the Fed mungkin akan mulai menurunkan suku bunga terlebih dahulu. Sebagai contoh, St Louis James Bullard, mantan Presiden the Fed percaya bahwa the Fed akan melonggarkan kebijakan moneter bahkan sebelum PCE turun ke level target 2%. Dia berpendapat bahwa menunda jeda mungkin memerlukan kenaikan suku bunga 50 bps secara tiba-tiba, yang menandakan masalah serius dalam perekonomian AS.

Secara teknikal, sebuah segitiga terbentuk pada grafik harian logam mulia ini mengikuti pola post 1-2-3. Pegas terkompresi dan tembakan akan segera terjadi. Oleh karena itu, masuk akal untuk menempatkan pending order untuk membeli pada harga $2.040 per ounce dan menjual pada harga $2.012 per ounce.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.