Note

BEI Ajak AB Derivatif Promosikan Single Stock Futures

· Views 43
BEI Ajak AB Derivatif Promosikan Single Stock Futures
BEI Ajak AB Derivatif Promosikan Single Stock Futures (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Bursa Efek Indonesia (BEI) berniat melakukan roadshow dengan sejumlah anggota bursa atau perusahaan yang memiliki lisensi derivatif jelang penerbitan instrumen produk investasi Single Stock Futures (SSF) pada kuartal I-2024. 

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan upaya ini diharapkan dapat semakin memperkenalkan produk turunan saham itu kepada investor.

Baca Juga:
BEI Ajak AB Derivatif Promosikan Single Stock Futures Single Stock Futures Cocok untuk Investor Jangka Pendek, Ini Kata BEI

“Nanti akan ada roadshow BEI dengan beberapa AB derivatif sebelum launching,” kata Jeffrey kepada IDX Channel, Selasa (23/1/2024).

Saat ini bursa masih belum mengungkap nama-nama AB atau perusahaan sekuritas yang siap menjadi penerbit produk derivatif.

Baca Juga:
BEI Ajak AB Derivatif Promosikan Single Stock Futures Mau Rilis Single Stock Futures, BEI Tetapkan Insentif Transaksi Produk Derivatif

Direktur Utama BEI Iman Rachman sebelumnya mengatakan pihaknya telah mengantongi 7 perusahaan sekuritas dalam pipeline penerbit SSF.

Dari total 6 perusahaan sekuritas yang diungkap BEI awal tahun 2023, saat ini masuk 1 AB baru, sehingga menjadi total 7 perusahaan.

Baca Juga:
BEI Ajak AB Derivatif Promosikan Single Stock Futures Terbit 2024, Tujuh Sekuritas Masuk Pipeline Penerbit Single Stock Futures

“Saat ini di pipeline, sampai dengan hari ini sudah 7 AB,” kata Direktur Utama BEI Iman Rachman dalam Konferensi Pers, Jumat (29/12/2023).

Jeffrey menerangkan bahwa karakter instrumen investasi SSF ditujukan bagi investor jangka pendek atau yang familiar disebut trader. 

“SSF disiapkan untuk mendukung strategi para investor. Dari karakteristiknya memang lebih sesuai untuk para investor jangka pendek yang memanfaatkan leverage untuk optimalisasi keuntungan dan pergerakan harga saham underlyingnya,” terang Jeffrey, Selasa (23/1).

Sebagai diversifikasi produk investasi, transaksi SSF didasarkan pada nilai aset yang mendasarinya atau underlying, dalam hal ini adalah saham.

Mekanisme transaksi transaksi SSF sejatinya sama seperti produk keuangan derivatif lain, yakni memungkinkan dua pihak untuk membeli atau menjual suatu saham dengan harga yang disepakati dan dalam jangka waktu tertentu. 

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.