Note

Ada Momentum Pemilu, MPX Logistics (MPXL) Bidik Laba 2024 Naik 59 Persen

· Views 40
Ada Momentum Pemilu, MPX Logistics (MPXL) Bidik Laba 2024 Naik 59 Persen
Ada Momentum Pemilu, MPX Logistics (MPXL) Bidik Laba 2024 Naik 59 Persen (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT MPX Logistics International (MPXL) menargetkan pertumbuhan laba bersih naik hingga 59% pada 2024 seiring adanya momentum Pemilu.

Perseroan menetapkan pendapatan sebesar Rp222 miliar dan laba bersih sebesar Rp18,2 miliar tahun ini. Direktur Keuangan MPXL James S Chandra meyakini proses Pemilu akan memberikan dorongan positif pada sektor logistik.
 
Proyeksi ini didorong oleh peningkatan kontrak kerja sama dengan pelanggan, termasuk pelanggan yang sudah ada dan pelanggan baru.
 
Rencana ekspansi bisnis MPXL di  2024 melibatkan beroperasinya anak perusahaan baru, PT MPX Indorental Gemilang, yang akan fokus pada penyewaan alat berat untuk proyek tambang material batu split di Sulawesi. 

Baca Juga:
Ada Momentum Pemilu, MPX Logistics (MPXL) Bidik Laba 2024 Naik 59 Persen MPX Logistics (MPXL) Raih Kontrak Jual Beli Semen Curah Rp47 Miliar

Rencananya, material ini akan dikirim untuk mendukung kebutuhan pembangunan di IKN. Manajemen perusahaan telah menetapkan target top line dan bottom line, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kenaikan tarif, efisiensi biaya operasional, dan optimalisasi biaya tidak langsung.
 
Dalam menghadapi tahun ini, MPXL telah mengalokasikan anggaran belanja modal (CAPEX) sebesar Rp95 miliar. Anggaran ini direncanakan untuk penambahan 50 hingga 75 unit armada baru, dengan rencana realisasi pada tahun 2024. 

Alokasi ini menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan.
 
“Dengan fokus pada pertumbuhan strategis dan dukungan terhadap pembangunan nasional, MPXL menunjukkan komitmennya untuk tetap menjadi pemain kunci dalam industri logistik di Indonesia,” kata James, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga:
Ada Momentum Pemilu, MPX Logistics (MPXL) Bidik Laba 2024 Naik 59 Persen MPX Logistics (MPXL) Targetkan 100 Armada Beroperasi di IKN Tahun Ini

MPXL juga optimistis  terkait kelanjutan pembangunan proyek Infrastruktur Kedatangan Nusantara (IKN), mengingat adanya Undang-Undang (UU) dan Peraturan Pemerintah (PP) yang mendukung. 

Dalam rangka mendukung pembangunan di IKN, MPXL berkomitmen untuk mengirimkan tambahan armada ke proyek tersebut, sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
 
Adapun MPXL mencatat pencapaian yang positif pada 2023, dengan pendapatan mencapai Rp140 miliar, yang menandai pertumbuhan sebesar 20% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Baca Juga:
Ada Momentum Pemilu, MPX Logistics (MPXL) Bidik Laba 2024 Naik 59 Persen Genjot Pendapatan di 2024, MPX Logistics (MPXL) Gencar Tambah Armada Baru

Laba bersih juga meningkat sebesar 59%, mencapai Rp9,5 miliar. Pendapatan ini didukung oleh dua segmen utama, yaitu penjualan semen (60%) dan jasa angkut (40%).

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.