Note

GBP/USD: Terjebak dalam koridor harga

· Views 48

Pasangan mata uang GBP/USD terjebak dalam tren sideways. Sejak pertengahan Desember tahun lalu, pasangan ini telah diperdagangkan dalam koridor harga 1.2610 – 1.2780, yaitu antara batas bawah dan atas indikator Bollinger Bands pada grafik harian. Rentangnya cukup lebar, sehingga memberikan trader "ruang untuk bermanuver."

Namun, jika kita melihat kerangka waktu mingguan untuk GBP/USD, kita melihat hampir sebuah garis kontinu—pembeli dan penjual secara bergantian mengambil inisiatif, tetapi pada dasarnya pasangan ini hanya menandai waktu. Lagi pula, untuk pengembangan tren menurun, bear membutuhkan setidaknya untuk mengkonsolidasikan di bawah target 1.2570 (batas atas cloud Kumo pada D1), sementara untuk pengembangan gerakan ke atas, diperlukan terobosan ke angka 28. Namun, para trader menunjukkan ketidakpastian, mengunci keuntungan saat mereka mendekati batas bawah/atas kisaran.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
GBP/USD: Terjebak dalam koridor harga

Hal ini sebagian disebabkan oleh perilaku tidak pasti dari mata uang Amerika. Indeks Dolar AS menunjukkan dinamika naik pada awal tahun ini di tengah melemahnya ekspektasi dovish mengenai tindakan selanjutnya dari Federal Reserve, tetapi kemudian impuls naik memudar. Greenback juga terjebak dalam tren sideways, menunggu berita penting berikutnya. Dalam konteks ini, beberapa hari ke depan akan sangat penting bagi mata uang Amerika. Pada hari Kamis, data kunci tentang pertumbuhan PDB AS akan dipublikasikan, dan pada hari Jumat, indeks inti PCE, indikator inflasi paling penting bagi Fed, diharapkan. Jika laporan-laporan ini, bisa dibilang, "beresonansi," dolar mungkin akan memperkuat posisinya secara signifikan atau, sebaliknya, kembali mendapat tekanan.

Menurut sebagian besar ahli, ekonomi Amerika hanya tumbuh sebesar 2.0% pada kuartal keempat tahun lalu, setelah meningkat 4.9% pada kuartal ketiga. Adapun indeks inti PCE, penurunan menjadi 3.0% tahunan diharapkan—ini adalah nilai terendah indikator sejak Maret 2021. Jika kedua indikator tersebut berakhir di "zona merah," kemungkinan pemotongan suku bunga pada pertemuan Fed Maret akan meningkat lagi, dan dolar akan sesuai melemah di seluruh pasar.

Namun, skenario alternatif juga mungkin, di mana indeks pengeluaran konsumsi pribadi pada bulan Desember mempercepat (setelah empat bulan penurunan berturut-turut), dan PDB AS pada kuartal keempat melebihi konsensus perkiraan. Dalam kasus seperti itu, hawks di Fed akan kembali bersemangat, dan kemungkinan pelonggaran kebijakan pada Maret akan menurun menjadi 25-20% (per hari ini, kemungkinan ini adalah 42%, menurut CME FedWatch Tool).

Mengingat kejadian seperti itu, kehati-hatian para trader GBP/USD tampaknya cukup beralasan. Terutama karena mata uang Inggris juga menunggu "ujian" nya. Pada 1 Februari, pertemuan pertama Bank of England tahun ini akan berlangsung. Menurut mayoritas besar analis, regulator akan mempertahankan status quo setelah pertemuan ini. Misalnya, semua 70 ekonom yang disurvei oleh Reuters menyatakan keyakinan bahwa bank sentral akan meninggalkan suku bunga acuan tidak berubah di 5.25%. Tidak ada intrik di sini.

Namun, tetap ada intrik mengenai tindakan masa depan regulator Inggris. Misalnya, hampir setengah – 38 dari 70 – dari ekonom yang disurvei menyarankan bahwa pemotongan suku bunga pertama akan terjadi pada kuartal kedua tahun ini. Sisanya percaya bahwa Bank of England akan tetap berada di "tanah yang stabil," seperti yang dikatakan oleh Andrew Bailey, hingga pertengahan musim panas atau bahkan musim gugur. Analis di JP Morgan juga memperkirakan hal yang sama, memperkirakan langkah pertama bank sentral menuju pelonggaran kebijakan moneter akan pada bulan Agustus tahun ini. Di sini, benar-benar ada intrik, karena laporan inflasi terbaru tidak mendukung sentimen dovish.

Ingatlah bahwa Indeks Harga Konsumen (CPI) keseluruhan di Inggris pada bulan Desember adalah 0.4%, melawan pertumbuhan yang diprediksi sebesar 0.2% (hasil terkuat sejak September tahun lalu). Dalam istilah tahunan, CPI keseluruhan juga berakhir di "zona hijau," naik menjadi 4.0% (melawan perkiraan penurunan menjadi 3.8%). Indeks Harga Konsumen Inti tetap pada level November (5.1%), sedangkan sebagian besar analis mengharapkannya menjadi 4.9%. Indeks Harga Ritel (yang digunakan oleh pemberi kerja Inggris saat mendiskusikan "pertanyaan gaji") tumbuh dalam istilah bulanan menjadi 0.5% (perkiraan adalah 0.4%), dan tahunan menjadi 5.2% (perkiraan adalah 5.1%). Bagaimana Bank of England menafsirkan rilis ini adalah pertanyaan terbuka.

Jadi, pound dan greenback sedang menunggu ujian penting. Dalam kondisi seperti itu, membahas prospek pengembangan skenario menurun/naik tidak berlaku. Misalnya, dolar mungkin bereaksi positif terhadap dinamika pertumbuhan ekonomi Amerika, tetapi hari berikutnya berada di bawah tekanan kuat jika indeks inti PCE ternyata di bawah tiga persen. Pound akan mengikuti greenback selama hari-hari ini, sementara minggu depan, nada perdagangan akan ditetapkan oleh Federal Reserve dan Bank of England (Fed akan merangkum hasil pertemuan Januari pada tanggal 31, dan regulator Inggris pada hari berikutnya).

Mengingat pentingnya peristiwa mendatang minggu ini, pasangan ini kemungkinan akan diperdagangkan dalam kisaran yang telah ditetapkan, yaitu di koridor 1.2610 – 1.2780. Jika laporan Amerika ternyata tidak menguntungkan bagi greenback, pembeli akan naik ke batas atas (dan mungkin bahkan menguji angka 28). Dalam kasus yang berlawanan, harga mungkin turun ke dasar angka 26, dan mungkin menguji level harga 25. Tetapi dalam hal pengembangan skenario menurun/naik, "pengadil" akan menjadi bank sentral, yang akan mengumumkan putusan mereka minggu depan. Pada saat ini, masuk akal bagi pasangan untuk mempertahankan posisi menunggu: baik membeli maupun menjual GBP/USD tidak dapat diandalkan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.