Note

EUR/USD. 23 Januari. Pertemuan ECB. Apakah layak menunggu support dari euro?

· Views 36

Pada hari Senin, pasangan EUR/USD terkoreksi ke level korektif 61,8% (1,0883), rebound, dan mendukung mata uang Eropa. Oleh karena itu, proses pergerakan naik dapat berlanjut menuju level Fibonacci berikutnya di 50,0%-1,0932. Jika nilai pasangan mata uang ini berkonsolidasi di bawah level 1,0883, hal tersebut akan mendukung dolar AS dan dapat menyebabkan dimulainya kembali penurunan menuju level korektif 76,4% (1,0823).

EUR/USD. 23 Januari. Pertemuan ECB. Apakah layak menunggu support dari euro?

Situasi gelombang tetap tidak berubah. Gelombang naik terakhir cukup lemah dan tidak dapat menembus puncak pada 28 Desember. Dengan demikian, tanda pertama dari akhir tren bullish diperoleh. Gelombang turun baru dengan percaya diri menembus posisi terendah pada tanggal 3 dan 5 Januari, yang merupakan tanda kedua dari akhir tren naik. Oleh karena itu, saat ini kita memiliki tren bearish baru. Penurunan mata uang euro dalam beberapa pekan mendatang tetap menjadi skenario yang paling mungkin untuk terjadi. Untuk membatalkan tren bearish, euro harus naik di atas puncak pada 11 Januari, yang sangat tidak mungkin terjadi dalam beberapa hari mendatang.

Tidak ada latar belakang berita yang signifikan pada hari Senin. Kalender berita untuk hari Selasa tidak lebih baik karena sekali lagi kosong. Sementara itu, pasar telah sepenuhnya mengalihkan fokusnya ke pertemuan ECB, yang akan berlangsung pada hari Rabu dan Kamis. Saat ini sepertinya tidak mungkin untuk mengharapkan keputusan yang signifikan dari ECB karena banyak pejabatnya yang menyatakan pada bulan Januari bahwa tidak perlu mengharapkan penurunan suku bunga deposito dalam waktu dekat. Namun, Christine Lagarde telah menyebutkan bahwa suku bunga mungkin akan mulai turun pada musim panas. Jika ia mengulangi pernyataan ini pada hari Kamis pada konferensi pers, para trader bearish dapat menerima support yang diperlukan untuk terus membentuk tren. Namun, saya tidak akan terlalu yakin dengan sikap "dovish" Christine Lagarde. "Pada musim panas" tidak berarti suku bunga akan mulai menurun pada kuartal kedua. Semuanya akan bergantung pada indikator inflasi.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD. 23 Januari. Pertemuan ECB. Apakah layak menunggu support dari euro?

Pada grafik 4 jam, pasangan mata uang ini telah berbalik mendukung mata uang Eropa setelah memantul dari level korektif 50,0% (1,0862). Rebound dari level ini memungkinkan pertumbuhan menuju level Fibonacci 61,8% (1,0959). Jika kuotasi berkonsolidasi di bawah level 50,0%, ini akan mendukung dolar AS dan dapat menyebabkan kembalinya penurunan menuju level Fibonacci 38,2% di level 1,0765. Tidak ada divergensi yang akan segera terjadi pada salah satu indikator. Konsolidasi di bawah koridor tren naik menandakan perubahan tren menjadi bearish.

Laporan Komitmen Trader (COT):

EUR/USD. 23 Januari. Pertemuan ECB. Apakah layak menunggu support dari euro?

Selama pekan laporan terakhir, para spekulan menutup 4.179 kontrak beli dan membuka 10.606 kontrak jual. Sentimen para trader besar tetap "bullish" dan terus melemah. Jumlah total kontrak beli yang dipegang oleh para spekulan saat ini mencapai 204.000, sedangkan kontrak jual mencapai 100.000. Meskipun terdapat perbedaan yang relatif besar, situasi akan bergeser ke arah penurunan. Bulls telah mendominasi pasar terlalu lama, dan saat ini mereka membutuhkan berita yang kuat untuk mempertahankan tren bullish. Saya tidak melihat latar belakang berita seperti itu saat ini. Para trader profesional mungkin akan segera menutup posisi beli mereka. Angka-angka saat ini memungkinkan kembalinya penurunan Euro dalam beberapa bulan mendatang.

Kalender Berita untuk AS dan Zona Euro:

Pada tanggal 23 Januari, kalender peristiwa ekonomi belum menampilkan entri yang signifikan. Oleh karena itu, dampak latar belakang berita pada sentimen trader hari ini mungkin lemah.

Perkiraan untuk EUR/USD dan Rekomendasi Trader:

Menjual pasangan mata uang ini dapat dilakukan hari ini jika terjadi rebound dari level 1,0932 pada grafik per jam, dengan level target 1,0883. Sebagai alternatif, jika nilai tukar berkonsolidasi di bawah level 1,0883, target dapat berupa level 1,0850 dan 1,0823. Pembelian dapat dipertimbangkan setelah konsolidasi di atas level 1,0883 pada grafik per jam, dengan target di level 1,0932. Trading ini masih dapat dipertahankan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.