Note

Likuiditas Paling Moncer, MTEL Bakal Terus Ekspansi

· Views 34
Likuiditas Paling Moncer, MTEL Bakal Terus Ekspansi
Likuiditas Paling Moncer, MTEL Bakal Terus Ekspansi. (Foto: Dok MTEL)

IDXChannel – Kemampuan ekspansi PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (Mitratel/MTEL) di tahun 2024 diyakini tetap kuat meski seluruh dana hasil dari penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO) telah habis dibelanjakan. 

Dalam Keterbukaan Informasi (KI) yang disampaikan perseroan, MTEL berhasil meraup dana bersih dari IPO setelah dikurangi biaya emisi sebesar Rp 18,5 triliun pada November 2021. Semuanya telah direalisasikan untuk belanja modal senilai Rp 16,6 triliun dan sisanya Rp 1,9 triliun untuk modal kerja. 

Baca Juga:
Likuiditas Paling Moncer, MTEL Bakal Terus Ekspansi Cermati Saham MTEL, Ini Kata Konsensus Analis

Analis KB Valbury Sekuritas Devi Praharsa Harjoto menilai realisasi dana IPO MTEL terbukti mampu mendorong perusahaan infrastruktur telekomunikasi tersebut memuncaki persaingan di kancah nasional dan regional terutama Kawasan Asia Tenggara. 

“Sebelum IPO portofolio MTEL hanya 23.232 menara dan belum memiliki fiber optic. Sekarang jumlah menara lebih dari 37.000 dan portofolio fiber optic sekitar 29 ribu km. Artinya, strategi penguatan market share yang dijalankan MTEL dua tahun terakhir mulai dapat terlihat tahun ini” kata Devi. 

Baca Juga:
Likuiditas Paling Moncer, MTEL Bakal Terus Ekspansi Analisis Saham Pilihan: ACES, ERAA Hingga MTEL

Devi menerangkan MTEL juga punya posisi strategis dalam hal penempatan portofolio di luar Jawa di mana menjadi medan persaingan operator seluler untuk mendorong pertumbuhan. Tren seperti ini diharapkan dapat mendorong peningkatan tenancy ratio dan kolokasi. 

“Peningkatan tenancy ratio dan kolokasi menjadi hal yang penting untuk story perbaikan margin MTEL. Tahun ini growth story dari MTEL lebih ke ekspansi EBITDA margin. Kalau 2022 mencapai 80% tahun ini setidaknya bisa 81%, secara konsevatif,” tambah Devi.

Baca Juga:
Likuiditas Paling Moncer, MTEL Bakal Terus Ekspansi Direktur Mitratel Serok 1,2 Juta Saham MTEL, Segini Nilainya

Soal kemampuan ekspansi MTEL di 2024, Devi tak meragukan kapasitas perusahaan penyedia menara tersebut meski tidak lagi disokong oleh dana IPO. 

“MTEL punya arus kas yang solid, dan yang terpenting adalah punya balance sheet yang kuat. Ini yang membedakan MTEL dengan pesaing. Rasio utang terhadap modal masih di bawah 1x sehingga jika diperlukan penarikan utang untuk ekspansi, ruangnya masih ada dan justru baik jika momentumnya bersamaan dengan penurunan suku bunga” tambah Devi. 

Baca Juga:
Likuiditas Paling Moncer, MTEL Bakal Terus Ekspansi Bos Mitratel Borong 4,47 Juta Saham MTEL, Rogoh Kocek Rp2,8 Miliar

Selain Devi, konsensus analis juga sepakat bahwa kinerja MTEL di 2024 akan tetap solid dengan EBITDA diperkirakan tumbuh 10% dan mencapai Rp 7,6 triliun dan laba bersih mencapai Rp 2,3 triliun atau ada potensi peningkatan sampai 16%. (*)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.