Note

Kompak Anjlok, Cuaca Lebih Hangat Tekan Harga Gas Alam dan Batu Bara

· Views 17
Kompak Anjlok, Cuaca Lebih Hangat Tekan Harga Gas Alam dan Batu Bara
Kompak Anjlok, Cuaca Lebih Hangat Tekan Harga Gas Alam dan Batu Bara. (Foto: Feeepik)

IDXChannel - Harga gas alam berjangka Amerika Serikat (AS) turun 0,73 persen di kisaran USD2,4/MMBtu pada perdagangan Selasa (23/1/2024).

Harga gas alam sempat mencapai level terendah dalam sebulan setelah penurunan 24 persen pada minggu lalu, didorong oleh prediksi cuaca hangat untuk akhir Januari dan awal Februari 2024.

Baca Juga:
Kompak Anjlok, Cuaca Lebih Hangat Tekan Harga Gas Alam dan Batu Bara Harga Minyak Terkoreksi Tipis usai Serangan Laut Baltik

Selain itu, output diperkirakan meningkat setelah jatuh ke level terendah dalam 12 bulan pada minggu lalu terutama karena terjadinya pembekuan.

Meskipun demikian, jumlah gas yang mengalir ke pabrik ekspor gas alam cair (LNG) AS telah pulih dari level terendah dalam satu tahun.  (Lihat grafik di bawah ini.)

Baca Juga:
Kompak Anjlok, Cuaca Lebih Hangat Tekan Harga Gas Alam dan Batu Bara Produksi Batu Bara China Cetak Rekor di 2023, Tembus 4,66 Miliar Ton

Kompak Anjlok, Cuaca Lebih Hangat Tekan Harga Gas Alam dan Batu Bara

Sementara itu, data pemerintah menunjukkan utilitas AS menarik 154 miliar kaki kubik gas alam dari penyimpanannya pada minggu kedua bulan Januari, lebih kecil dari ekspektasi pasar yang memperkirakan penurunan cadangan sebesar 164 bcf.

Baca Juga:
Kompak Anjlok, Cuaca Lebih Hangat Tekan Harga Gas Alam dan Batu Bara SKK Migas Targetkan Investasi Eksplorasi Melesat Sampai USD1,8 Miliar di 2024

Laporan tersebut juga menunjukkan gas alam milik AS yang masih dalam penyimpanan tetap 11,2 persen lebih tinggi secara musiman.

Selain itu, gas alam berjangka Eropa terus turun ke €27 per megawatt-jam pada minggu keempat Januari 2024 dan melanjutkan penurunan sebesar 11 persen pada minggu sebelumnya. Harga gas alam Eropa ini juga menyentuh posisi terendah baru dalam 6 bulan.

Penurunan ini karena suhu di Eropa diperkirakan akan menjadi lebih sejuk sementara cadangan gas tetap tinggi dan pembangkit listrik tenaga angin meningkat seiring badai Isya yang membawa angin kencang.

Pada tanggal 20 Januari, tingkat penyimpanan gas di Uni Eropa mencapai 75 persen, dengan Jerman sebesar 78,2 persen, Italia sebesar 71,5 persen, dan Perancis sebesar 65,7 persen.

Pada saat yang sama, permintaan akan gas alam secara keseluruhan lemah dan masih berada di bawah tingkat sebelum tahun 2023. Akibatnya, Eropa diperkirakan akan memasuki musim semi dengan lebih dari separuh kapasitas penyimpanan gas bawah tanah masih tersedia, melampaui rata-rata 10 tahun sebesar 35 persen.

Batu Bara Ikut Tumbang

Penurunan harga gas alam ini juga diikuti oleh penurunan harga batu bara. Melansir Trading Economics, harga batu bara berjangka turun 0,43 persen di kisaran USD12,45 per ton.

Informasi saja, biasanya harga batu bara mengekor pergerakan harga gas alam. Mengingat, batu bara biasanya menjadi substitusi alias pengganti alternatif kebutuhan gas alam.

Harga batu bara dalam sebulan sudah mengalami penurunan sebesar 12,41 persen dan dalam setahun masih tertekan 64,4 persen.

Melansir Reuters (8/1/2024), impor batu bara termal lintas laut di Asia naik ke rekor tertinggi pada bulan Desember 2023. Peningkatan ini didukung pembeli utama yakni China di tengah puncak permintaan musim dingin.

Namun tingginya permintaan tidak banyak mempengaruhi harga karena Indonesia dan Australia, yang merupakan dua negara pengirim batu bara terbesar ini mengalami peningkatan ekspor yang besar.

Impor batu bara termal lintas laut di Asia mencapai 83,69 juta metrik ton pada bulan Desember. Angka ini naik dari 78,87 juta pada November dan merupakan rekor tertinggi sejak Januari 2017, menurut analis komoditas Kpler.

Pembelian yang dilakukan China, dengan impor batu bara termal melalui laut sebesar 32,08 juta ton, dan merupakan rekor tertinggi. Angka ini naik dari 29,57 juta ton pada November.

Minat China terhadap impor batu bara termal melonjak pada 2023 karena pembangkit listrik tenaga batu bara di negeri tersebut meningkat di tengah menurunnya produksi pembangkit listrik tenaga air dan meningkatnya permintaan listrik. Ini karena China mencatat sedikit pemulihan perekonomian dari pelemahan sebelumnya.

Perlu juga dicatat bahwa produksi batu bara dalam negeri China juga meningkat, dengan produksi bulan November mencapai rekor tertinggi harian sebesar 13,8 juta ton, melampaui puncak sebelumnya sebesar 13,5 juta ton yakni pada Maret tahun lalu.

Dalam 11 bulan pertama tahun lalu China mengalami peningkatan produksi sebesar 2,9 persen menjadi 4,24 miliar ton.

Meskipun produksi dalam negeri meningkat, impor tetap kompetitif karena harga yang lebih rendah untuk batu bara kelas utama dari Indonesia dan Australia yang menyumbang impor utama China

Harga batu bara Indonesia dengan kandungan energi 4.200 kilokalori per kilogram (kkal/kg), sebagaimana dinilai oleh lembaga pelaporan harga komoditas Argus, turun menjadi USD57,82 per metrik ton dalam minggu yang berakhir 7 Januari. Ini menjadi harga terendah batu bara RI dalam dua bulan dan lebih rendah 36 persen di bawah harga patokan batu bara di awal 2023.

Di lain pihak, harga batu bara Australia dengan kandungan energi 5.500 kkal/kg juga turun minggu lalu, turun menjadi USD93,23 per ton, terendah dalam lima minggu dan 30,1 persen lebih lemah dibandingkan minggu yang sama pada 2023.

Ekspor batu bara termal Indonesia mencapai 48,05 juta ton pada bulan Desember, terbesar sejak Maret tahun lalu, dan China menjadi negara tujuan impor terbesar sebesar 20,99 juta ton, yang juga terbesar sejak bulan Maret tahun lalu.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.