Note

Economic Contrast: Indeks Saham Bersinar, Obligasi Tetap Dalam Bayang-bayang

· Views 33

Economic Contrast: Indeks Saham Bersinar, Obligasi Tetap Dalam Bayang-bayang

Imbal hasil obligasi Treasury AS menurun, dan dolar hampir tidak berubah, karena investor memasuki pasar untuk mengantisipasi indikator-indikator ekonomi mendatang yang mungkin memberikan informasi baru mengenai arah suku bunga.

Indeks saham global MSCI mengalami pertumbuhan pada hari Senin, didorong oleh momentum Wall Street yang mencapai rekor tertinggi baru pada minggu lalu, sementara indeks dolar AS sedikit menguat.

Indeks S&P 500 mencapai rekor tertinggi kedua berturut-turut pada hari Senin, didorong oleh pertumbuhan saham perusahaan teknologi belakangan ini karena para investor menunggu laporan perusahaan yang akan dirilis untuk mengetahui prakiraan laba tahun ini.

Hasil hari Jumat mengonfirmasi bahwa indeks S&P 500 telah berada dalam pasar bullish sejak ditutup pada level minimum pada 12 Oktober 2022, menurut salah satu indikator yang banyak digunakan.

Netflix (NFLX.O), Tesla (TSLA.O), Abbott Laboratories (ABT.N), Intel (INTC.O), dan Johnson & Johnson (JNJ.N) akan merilis laporan pada minggu ini.

Beberapa raksasa teknologi terkemuka, termasuk Microsoft (MSFT.O) dan Apple (AAPL.O), diperkirakan akan melaporkan hasilnya minggu depan. "Pendapatan dan panduan akan sangat penting untuk lebih memperkuat kekuatan mega-teknologi di pasar," ujar Quincy Crosby, Chief Global Strategist di LPL Financial di Charlotte, North Carolina.

Para investor juga menunggu laporan minggu ini mengenai indeks Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE), angka PMI global dari S&P, dan data PDB awal untuk kuartal keempat guna mendapatkan petunjuk mengenai keputusan kebijakan bank sentral AS selanjutnya.

Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik 138,01 poin atau 0,36% ke level 38.001,81, indeks S&P 500 (.SPX) menguat 10,62 poin atau 0,22% ke level 4.850,43, dan indeks Nasdaq Composite (.IXIC) bertambah 49,32 poin atau 0,32 % ke level 15.360,29. Indeks saham MSCI global (.MIWD00000PUS), yang melacak saham di 49 negara, meningkat sebesar 0,29%. Indeks STOXX 600 Eropa (.STOXX) naik 0,77%.

Archer-Daniels-Midland (ADM.N) mengalami persentase penurunan harian terbesar dalam indeks S&P 500, dengan anjloknya saham tersebut sebesar 24,2%, yang menandai persentase penurunan terbesar dalam satu dekade setelah Chief Financial Officer perusahaan tersebut diberikan cuti administratif untuk penyelidikan dan perkiraan laba tahunan menurun.

Sementara itu, imbal hasil obligasi Treasury 10 tahun acuan naik menjadi 4,1091%, dibandingkan level penutupan AS di 4,146% pada hari Jumat. Imbal hasil obligasi dua tahun, yang meningkat di tengah ekspektasi para trader terhadap kenaikan suku bunga Federal Reserve, mencapai 4,3932%, dibandingkan dengan level penutupan AS di 4,408%.

Di pasar mata uang, nilai tukar dolar AS hampir tidak berubah dan sedikit meningkat terhadap sejumlah mata uang pada hari Senin, menjelang rilis keputusan kebijakan dari bank sentral Jepang dan Zona Euro, yang dapat memengaruhi arah mata uang tahun ini.

Indeks Dolar, yang melacak nilai tukar dolar terhadap sekelompok mata uang mitra dagang utama lainnya, naik 0,08% menjadi 103,35. Dolar AS melemah 0,04% terhadap yen menjadi 148,08. Mata uang tunggal Eropa turun 0,1% pada siang hari, turun menjadi $1,0882, melemah 1,4% pada bulan tersebut.

Bank of Japan diperkirakan akan mempertahankan kebijakan yang sangat akomodatif pada pertemuan hari Selasa, sementara Bank Sentral Eropa (ECB) akan mengadakan pertemuan pada hari Kamis dan diperkirakan akan mematuhi kebijakan moneter yang stabil.

Bank sentral Kanada dan Norwegia juga akan mengadakan pertemuan pada minggu ini, dan suku bunga diperkirakan tidak berubah, meskipun Turki kemungkinan akan kembali menaikkan suku bunga. Federal Reserve AS berencana akan kembali mengadakan pertemuan pada 30-31 Januari.

Harga emas spot turun 0,44% menjadi $2.020,36 per ounce karena para investor mengabaikan ekspektasi penurunan suku bunga di AS pada akhir bulan Maret, dan kenaikan pasar saham semakin mengurangi minat terhadap aset-aset safe-haven.

Harga minyak naik karena para trader menyaksikan berkurangnya pasokan minyak akibat konflik di Timur Tengah dan Ukraina, serta cuaca yang sangat dingin di Amerika Utara, sementara pasar saham AS yang bullish menandakan permintaan akan meningkat.

Minyak AS naik 2,4% menjadi $75,19 per barel, dan minyak mentah Brent meningkat 1,9% menjadi $80,06 per barel.

Mengenai cryptocurrency, Bitcoin sebelumnya turun ke level minimum tujuh minggu dan terakhir turun sekitar 4% menjadi $39,936.

Di Beijing, bank sentral kembali menahan diri untuk tidak menurunkan suku bunga dalam operasi pasarnya pada hari Senin.

Saham-saham Tiongkok dan Hong Kong melemah karena arus keluar mata uang asing dan lonjakan short-selling melemahkan keyakinan, yang sudah melemah akibat melambatnya perekonomian di wilayah tersebut.

Indeks blue-chip CSI300 (.CSI300) di Tiongkok turun 1,6% ke level penutupan terendah dalam hampir lima tahun, sementara di Hong Kong, indeks benchmark Hang Seng (.HIS) turun 2,3% ke level terendah dalam 14 bulan terakhir.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.