Note

Minyak Kehilangan Posisi: Bagaimana Kemerosotan Ekonomi Mempengaruhi Pasar

· Views 53

Minyak Kehilangan Posisi: Bagaimana Kemerosotan Ekonomi Mempengaruhi Pasar

Minyak mentah berjangka Brent turun 14 sen, atau 0,2%, menjadi $79,92 per barel pada 01:25 GMT, sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) terakhir turun sebesar 10 sen, atau 0,1%, menjadi $74,66 per barel.

Kedua kontrak tersebut telah meningkat sekitar 2% pada hari Senin karena serangan drone Ukraina terhadap terminal bahan bakar Novatek di Ust-Luga meningkatkan kekhawatiran pasokan dan menyebabkan lonjakan harga. Analis berpendapat bahwa Novatek kemungkinan akan melanjutkan operasi skala penuh dalam beberapa minggu.

Meskipun kerusakan pada dermaga pemuatan di terminal Ust-Luga hanya "berdampak singkat pada ekspor", tindakan ini meningkatkan kemungkinan konflik Rusia-Ukraina "bergeser ke fase baru, dengan kedua belah pihak menargetkan infrastruktur energi utama," kata analis di ANZ Penelitian dalam laporan mereka.

Ketegangan geopolitik dibayangi oleh kekhawatiran mengenai perlambatan pemulihan ekonomi Tiongkok, sehingga meningkatkan kekhawatiran terhadap permintaan minyak global, mengingat raksasa Asia tersebut merupakan importir minyak mentah terbesar di dunia.

Tiongkok telah menerapkan langkah-langkah untuk mendukung perekonomiannya, namun konsumsi domestik masih lesu, membuat para trader minyak khawatir terhadap prospek permintaan.

Di Timur Tengah, Amerika Serikat mendesak Israel untuk melindungi orang-orang yang tidak bersalah di rumah sakit, staf medis, dan pasien ketika pasukan Israel menyerang satu rumah sakit dan mengepung rumah sakit lainnya, maju ke sektor barat Khan Yunis di Gaza.

Pasukan Amerika dan Inggris juga melakukan serangan baru terhadap penyimpanan bawah tanah dan kemampuan rudal serta pengintaian pemberontak Houthi yang terkait dengan Iran.

Serangan Houthi terhadap kapal-kapal di kawasan Laut Merah telah mengganggu navigasi global dan meningkatkan kekhawatiran terhadap inflasi. Kelompok tersebut mengklaim serangan mereka sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina ketika Israel menyerang Gaza.

Selain itu, persediaan minyak mentah di Amerika Serikat diperkirakan akan berkurang sekitar 3 juta barel pada tanggal 19 Januari. Stok minyak sulingan diperkirakan akan berkurang pada minggu lalu, sementara stok bensin diperkirakan akan meningkat.

Para manajer tampaknya menyimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi yang sedang berlangsung di Amerika Serikat akan terus memberikan tekanan pada harga, sementara konflik di Timur Tengah akan memberikan dukungan terhadap harga di Eropa dan Asia.

Dana tampaknya bertaruh pada pandangan ekonomi yang kontras antara pertumbuhan ekonomi AS yang sedang berlangsung dan resesi yang berkepanjangan di Eropa.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.