Note

Ternyata Ini Keunggulan Utama Baterai Mobil Listrik Pakai Nikel Dibandingkan LFP

· Views 15
Ternyata Ini Keunggulan Utama Baterai Mobil Listrik Pakai Nikel Dibandingkan LFP
Foto: Dok. PT HPL
Jakarta

Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka sempat melontarkan pertanyaan terkait baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) untuk mobil listrik kepada cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar. Tidak semua mobil listrik menggunakan baterai jenis LFP, ada juga yang masih menggunakan nikel sebagai komponen utama baterai mobil listrik.


Lantas apa saja keunggulan baterai nikel dibandingkan baterai LFP? Mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyebut beberapa keunggulan penggunaan nikel untuk mobil listrik, seperti baterai nikel berdensitas energi lebih tinggi. Hal ini berarti mobil listrik yang menggunakan baterai nikel dapat lebih tahan lama karena daya listriknya yang lebih tinggi.


"Nikel itu lebih energi dense. Bisa muat lebih banyak energi, lebih kecil, dan lebih ringan juga jadi mobil Tesla-nya bisa pergi lebih jauh sekali charge," kata Lutfi dalam unggahan video di akun TikTok pribadinya, dikutip Selasa (23/1/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Keunggulan itulah, menurut Lutfi, yang menyebabkan penggunaan baterai nikel masih lebih besar dibandingkan dengan LFP. Berdasarkan data Badan Energi Internasional (IEA) mencatat penggunaan nikel tetap menjadi komponen baterai listrik terbesar dengan pangsa pasar sebesar 60%. Sedangkan penggunaan baterai LFP pada mobil listrik hanya sebesar 27% pada tahun 2022.


Di sisi lain, kinerja baterai LFP bisa menurun hingga 60% pada musim dingin. Bahkan, Lutfi menyebut baterai LFP dapat mati di bawah suhu -10 derajat.


"Juga kinerja baterai LFP bisa menurun hingga 60% di cuaca dingin. Baterai LFP bisa mati di suhu di bawah minus 10 derajat bahkan," jelasnya.


Sebelumnya, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga Gibran Rakabuming Raka menyentil cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar yang tak paham soal Lithium Ferro Phosphate (LFP). Pertanyaan itu disampaikan Gibran dalam debat pemilihan presiden keempat.

Menurut Gibran, soal LFP ini awalnya digaungkan oleh tim sukses (timses) Cak Imin, terutama Thomas Lembong. Kemudian Gibran bertanya dan memastikan apakah pasangan calon (Paslon) nomor urut 1 tersebut anti nikel atau tidak.


"Paslon nomor urut 1 dan timsesnya sering menggunakan Lithium Ferro Phosphate (LFP). Saya nggak tahu ini pasangan nomor 1 ini anti nikel atau bagaimana? Akan saya gunakan bila pertanyaannya kurang jelas. Saya jelaskan juga nggak apa-apa. LFP, Lithium Ferro Phosphate, itu sering digaungkan Pak Tom Lembong itu," tanya Gibran dalam acara Debat Pilpres keempat di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).


Menanggapi hal tersebut, pria yang akrab disapa Cak Imin ini menyebut segala sesuatu, termasuk diskusi malam ini sudah ada etikanya. Dia menekan pada debat tersebut bukanlah main tebak-tebakan.


"Tenang Pak Gibran semua ada etikanya, termasuk kita diskusi di sini bukan tebak-tebakan definisi, tebak-tebakan singkatan. Kita levelnya adalah policy dan kebijakan. Prinsipnya sederhana. Semua kembali ke etika, Pak Gibran, sekali lagi etika pak Gibran," ujar Cak Imin.


Etika yang dimaksud Cak Imin juga termasuk kepada etika lingkungan. Di mana, dalam mengambil kebijakan terkait produksi, pengambilan sumber daya alam (SDA) membutuhkan keseimbangan antara manusia dan alam.

(rrd/rir)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.