Note

Sediakan Vending Machine di Stasiun Kereta, Erick Thohir Ingin Perluas Pasar UMKM

· Views 45

Pasardana.id - Menteri BUMN Erick Thohir terus mendorong upaya membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanah Air lewat langka-langkah strategisnya dalam memperkuat ekosistem tersebut.

Sebut saja seperti, memasarkan produknya melalui etalase vending machine (mesin jual otomatis) yang dipajang di stasiun-stasiun kereta di Jakarta, dengan harapan masyarakat dapat langung membelinya. Terdapat dua stasiun yang telah dipasang vending machine yaitu, Stasiun Gambir dan Stasiun Gondangdia.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, langkah tersebut dilakukan dengan menciptakan kolaborasi yang saling menguntungkan antara UMKM dengan BUMN, sekaligus pemberdayaan UMKM dengan memberikan ruang untuk promosi.

"Vending Machine ini beroperasi otomatis dan bisa dipakai 24 jam penuh. Produk-produknya dari UMKM bisa dijual langsung kepada konsumen. Penumpang kereta atau masyarakat yang sedang berada di stasiun bisa membeli produk-produk UMKM kapan saja. Ini sesuai dengan arahan Menteri Erick yang ingin memberikan akses pasar lebih luas bagi UMKM terutama di lokasi-lokasi ramai dan strategis seperti di stasiun kereta," ujar Arya di Jakarta, Senin (22/1).

Arya menjelaskan, pemasangan vending machine merupakan kolaborasi antara UMKM dengan BUMN. Adapun penempatan vending machine di area stasiun ini pun didukung oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai pengelola stasiun.

Sementara itu, untuk pengelolaan dan operasional vending machine didukung penuh oleh PLN (Stasiun Gambir) dan Pertamina (Stasiun Gondangdia). Sebelumnya sudah dipasang vending machine di Kementerian BUMN yang didukung penuh oleh BRI.

Sekedar informasi, berdasarkan survei berjudul MSME Empowerment Report yang dilakukan kepada 1.500 pelaku UMKM di Indonesia pada tahun 2022, UMKM Indonesia masih mengalami kendala pemasaran. Sebanyak 70 persen UMKM kesulitan dalam memasarkan produknya.

Vending machine ini sendiri ini merupakan jawaban atas keluhan dari UMKM dalam pemasaran produk. Terobosan dari Menteri Erick Thohir ini sebagai alternatif solusi bagi pelaku UMKM dengan tujuan meningkatkan awareness, mencapai target pasar yang luas, dan memperkuat product showcase dengan lebih efisien.

"Era vending machine menjadi terobosan penting dalam mendukung ekosistem UMKM di Indonesia. Program ini tidak hanya memperluas pasar produk UMKM, tetapi juga memberikan pengalaman berbelanja yang unik bagi masyarakat. Kami percaya kolaborasi antara BUMN dan UMKM melalui program Vending Machine akan memberikan dampak positif bagi UMKM," tandas Arya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.