Note

BEI Ramu Aturan Tata Cara Depak Emiten Bermasalah

· Views 30

Pasardana.id- Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah merancang peraturan terkait pembatalan pencatatan saham telah ditebitkan agar dapat mendepak saham-saham emiten yang terganggu kelangsungan usaha hingga mengalami suspend lebih dari 24 bulan.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna menjelaskan perubahan peraturan tersebut agar selaras dengan POJK 3 tahun 2021 tentang tentang Penyelenggaraan Kegiatan di Bidang Pasar Modaldan SEOJK 13 Tahun 2023 tentang Pembelian Kembali Saham Perusahaan Terbuka Sebagai Akibat Dibatalkan Pencatatan Efek Oleh Bursa Efek Karena Kondisi atau Peristiwa yang Signifika Berpengaruhi Negatif  Terhadap Kelangsungan Usaha.

“Kalau paraturan itu telah diterbitkan maka kami akan bisa melakukan proses delisting,” tegas Nyoman kepada media, Senin(22/1/2024).

Sementara ini, jelas dia, Bursa masih terus melakukan pemantauan atas perkembangan kondisi perusahaan sambil menerbitkan pengumuman Potensi Delisting dan Notasi khusus.

Sebelumnya, dia mengaku tengah mencari pengendali emiten-emiten yang telah memenuhi ketentuan untuk didepak secara paksa dari papan perdagangan bursa atau force delisting.

Hal itu penting guna memastikan Pengendali dapat menjalankan kewajiban emiten dihapus paksa dari papan bursa

“Kalau tidak ketemu dengan PSP, lalu siapa yang mau melakukan buy back saham publik dan dana itu diperoleh oleh investor. Jadi upaya ini yang dilakukan saat ini,” ungkap dia kepada media, Kamis (18/1/2024).

Seperti diketahui, beberapa emiten telah memenuhi syarat untuk didepak paksa oleh bursa karena telah disuspend lebih 24 bulan, tapi saat ini tidak memiliki PSP karena ditinggal pengurusnya.

Misalnya, PT Sugih Energy Tbk (IDX: SUGI) telah ditinggal seluruh Komisaris dan Direksi sejak 12 Januari 2022.

Selain SUGI, terdapat puluhan emiten telah mengalami suspend lebih dari 24 bulan, antara lain; TRIO, MYRX, COWL, DEFI, NIPS, PLAS, POOL, ARMY, ENVY, HDTX, POSA, SRIL, TRIL, LCGP, JKSW, TDPM, OCAP (dalam proses buy back), UNIT, DUCK, NUSA, KRAH, KPAL, FORZ, MAMI, PURE, SIMA, SKYB, RIMO, HOME, IIKP, TRAM, SMRU, dan LAPD.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.