Note

Dolar AS, Euro dan Pound menunjukkan ketahanan ketika Yen melemah

· Views 22

Dolar AS, Euro dan Pound menunjukkan ketahanan ketika Yen melemah

Greenback berada di jalur untuk mencatat kenaikan minggu ketiga berturut-turut.

Dolar didukung oleh tanda-tanda ketahanan perekonomian AS dan pernyataan hati-hati dari pejabat FOMC mengenai penurunan suku bunga tahun ini.

Salah satu orang terakhir yang angkat bicara mengenai masalah ini adalah Presiden FRB Atlanta Raphael Bostic.

Dia mengatakan pada hari Kamis bahwa dia memperkirakan The Fed akan menurunkan suku bunga utamanya paling cepat pada kuartal ketiga tahun ini.

Setelah menyentuh level tertinggi sejak 13 Desember di 103,70 pada hari Rabu, greenback kemudian memasuki mode konsolidasi.

Ahli strategi ING percaya bahwa USD akan trading di kisaran 103,00-104,00, setidaknya hingga pertemuan FOMC berikutnya, yang hasilnya akan diketahui pada 31 Januari.

Para ahli di Commerzbank ragu bahwa koreksi signifikan terhadap ekspektasi suku bunga The Fed akan segera terjadi dan dolar akan menguat secara signifikan sebagai dampaknya.

"Dengan asumsi gambaran keseluruhan tetap sama: dan bank sentral terkemuka mulai menurunkan suku bunga di masa mendatang, The Fed bisa menjadi salah satu pemain paling aktif dalam hal ini," kata mereka.

Meskipun para trader telah mengurangi kemungkinan penurunan pertama biaya pinjaman AS pada bulan Maret menjadi 60%, mereka masih memperkirakan bank sentral AS akan menurunkan suku bunga sekitar 145 basis poin pada akhir tahun ini, hampir dua kali lipat dibandingkan pejabat FOMC sendiri. diuraikan bulan lalu.

Anggota Dewan Gubernur Fed Christopher Waller mengakui minggu ini bahwa target inflasi sebesar 2% masih dalam jangkauan, namun mengesampingkan perlunya segera melakukan penurunan suku bunga untuk pertama kalinya.

Angka penjualan ritel yang lebih kuat dari perkiraan untuk bulan Desember, yang dirilis pada hari Rabu, menimbulkan keraguan apakah The Fed dapat menurunkan suku bunga pada awal Maret karena bank sentral terus berjuang untuk menurunkan inflasi dari level tertinggi dalam 40 tahun yang dicapai pada tahun 2022.

Ketika para pengambil kebijakan membuka babak baru dalam perdebatan mengenai waktu penurunan suku bunga, angka inflasi utama AS pada Kamis depan akan menjelaskan masalah ini.

Namun, pelaku pasar kemungkinan akan memilih menunggu laporan indeks harga PCE inti bulan Januari untuk menarik kesimpulan akhir mengenai hasil pertemuan FOMC bulan Maret.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Dolar AS, Euro dan Pound menunjukkan ketahanan ketika Yen melemah

"Pada titik tertentu akan menjadi jelas bahwa inflasi tidak akan mudah stabil pada tingkat target 2%, yang diinginkan oleh bank sentral AS, dan oleh karena itu optimisme pasar terhadap penurunan suku bunga di negara tersebut terlalu berlebihan," kata para ahli di Bridgewater Associates.

"Kita mungkin menyaksikan situasi pertama sejak tahun 1980an, ketika The Fed harus mengambil keputusan yang sangat menyakitkan untuk mengurangi inflasi, yang terutama akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi AS," mereka memperingatkan.

Ketika perekonomian AS akan melambat, risiko pelonggaran kebijakan Fed akan berlanjut pada kuartal kedua dan ketiga, yang menyebabkan melemahnya dolar, kata Scotiabank.

"Pelonggaran kebijakan bank sentral yang lebih luas pada paruh kedua tahun 2024 akan mendukung selera risiko pelaku pasar dan memperkuat hambatan terhadap dolar pada akhir tahun ini," kata analis bank tersebut.

"Namun, kami tidak berpikir greenback akan jatuh terlalu banyak saat ini dan penurunannya tetap menjadi peluang pembelian USD terhadap mata uang utama," kata mereka.

"Meningkatnya imbal hasil AS, tren musiman, dan indikator teknis jangka panjang menunjukkan kekuatan USD setidaknya selama beberapa minggu ke depan," tambah Scotiabank.

Pasar masih melihat kemungkinan penurunan suku bunga The Fed pada bulan Maret, namun sangat sulit untuk membayangkan hal itu terjadi dalam dua bulan dengan latar belakang perekonomian saat ini, kata ahli strategi ING.

Pejabat FOMC sendiri menginginkan lebih banyak data untuk mendukung perubahan kebijakan moneter dan menyebut pertengahan tahun sebagai jangka waktu yang paling mungkin untuk penurunan suku bunga.

Bulan Maret baru-baru ini menjadi bulan yang bersejarah bagi The Fed - bulan ini merupakan bulan terakhir penurunan suku bunga pada tahun 2020 dan bulan dimulainya pengetatan moneter pada tahun 2022.

Pada konferensi pers tanggal 13 Desember, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan FOMC ingin menurunkan suku bunga jauh sebelum inflasi turun menjadi 2%.

"Dengan komentar dovishnya baru-baru ini, Powell mungkin telah memberikan kesan kepada beberapa pengamat bahwa ia bukan lagi pejuang inflasi yang tangguh (semacam Paul Volcker 2.0) seperti yang ia suka digambarkan beberapa waktu yang lalu," kata pakar Commerzbank.

"Namun, kemungkinan gambaran baru The Fed ini mengubah elastisitas nilai tukar dolar terhadap berita inflasi. Semakin sedikit otoritas moneter AS yang terlihat sebagai pejuang inflasi yang aktif, maka semakin sedikit pula data inflasi tinggi yang positif terhadap greenback yang akan muncul," kata mereka. .

"Faktanya, jika kebijakan moneter The Fed dianggap terlalu dovish, inflasi yang tinggi secara tidak terduga dapat merugikan dolar. Namun, kita belum sampai pada titik tersebut," tambah pakar Commerzbank.

Menurut mereka, pelaku pasar kemungkinan besar enggan menjual euro menjelang pertemuan ECB berikutnya.

Dolar AS, Euro dan Pound menunjukkan ketahanan ketika Yen melemah

"Tampaknya ECB kemungkinan besar akan berhati-hati dalam hal penurunan suku bunga pertama. Bahkan jika regulator tidak akan menyangkal kemungkinan penurunan suku bunga dalam waktu satu tahun, mereka mungkin akan mencoba meredam ekspektasi prematur. Tentu saja, masih harus dilihat apakah regulator akan berhasil melakukan hal tersebut," kata Commerzbank.

Para trader memperkirakan ECB akan melonggarkan kebijakan moneternya sebesar 140 basis poin pada akhir tahun ini, dan memperkirakan kemungkinan 80% bahwa penurunan suku bunga pertama akan dilakukan pada bulan April.

"Hampir semua pengambil kebijakan menentang kemungkinan penurunan suku bunga ECB, setidaknya dalam beberapa bulan mendatang. Kami tidak akan terkejut jika mereka menurunkan suku bunga lebih cepat. Namun kami masih yakin mereka akan melakukannya pada bulan Juni," analis di Kata Pasar Modal BMO.

Presiden ECB Christine Lagarde mengatakan regulator berada di jalur yang tepat untuk mengembalikan inflasi ke target 2%, namun perjuangannya belum dapat dimenangkan.

Ahli strategi Nordea yakin ECB salah lagi dan mereka melihat inflasi zona euro di bawah 1,5% pada akhir musim panas, jauh di bawah perkiraan ECB.

"Jika data inflasi terus melemah, kemungkinan penurunan suku bunga ECB lebih awal akan meningkat," kata mereka.

Spesialis Deutsche Bank memperkirakan penurunan suku bunga zona euro pertama pada bulan April dan pelonggaran total sebesar 150bps pada tahun 2024.

"Kami memperkirakan ECB akan mencapai target inflasinya pada pertengahan tahun, jauh melampaui perkiraan pada tahun 2025," kata mereka.

Meskipun kuatnya perekonomian AS memberikan ruang bagi para pengambil kebijakan The Fed untuk bermanuver, lemahnya pertumbuhan di zona euro menunjukkan bahwa ECB akan menurunkan suku bunganya dalam waktu dekat.

Ini adalah berita buruk bagi euro, dan para ahli di Rabobank memperingatkan bahwa mata uang tunggal dapat menghadapi ujian lebih lanjut jika langkah Donald Trump menuju masa jabatan kedua di Gedung Putih terus berlanjut.

"Sikap Trump terhadap NATO dan kemungkinan perubahan iklim dapat merugikan Eropa dan meningkatkan daya tarik dolar sebagai aset safe-haven. Kami melihat ruang bagi EUR/USD untuk turun ke 1,0500 dalam jangka waktu tiga bulan," kata mereka.

Euro menguji area $1,0850 dua kali pada awal pekan ini, namun kurangnya tekanan jual memungkinkan mata uang tunggal tersebut menghindari pelemahan lebih lanjut, setidaknya untuk saat ini, kata ekonom Scotiabank.

Penembusan di atas area 1,0910-1,0920 dapat memberikan kenaikan jangka pendek bagi EUR/USD, namun tampaknya hanya ada sedikit minat di antara pelaku pasar terhadap kenaikan pasangan ini dibandingkan dengan penurunan awal pekan ini, mereka yakin.

Sementara itu, Rabobank yakin bahwa konfirmasi lebih lanjut bahwa inflasi di Jepang sudah mencapai puncaknya kemungkinan akan menambah tekanan pada yen dalam waktu dekat.

"Mengingat pandangan kami bahwa optimisme pasar terhadap laju penurunan suku bunga Fed tahun ini akan terus berkurang, kami memperkirakan kenaikan USD lebih lanjut dalam kisaran satu hingga tiga bulan," kata analis di Rabobank.

Mereka menaikkan perkiraan USD/JPY satu bulan menjadi 148 dari perkiraan sebelumnya sebesar 144.

Dolar AS, Euro dan Pound menunjukkan ketahanan ketika Yen melemah

Yen terdepresiasi lebih dari 5 persen terhadap dolar sejak awal tahun ini karena lemahnya data inflasi dan gempa bumi dahsyat di bagian tengah Negeri Matahari Terbit melemahkan keyakinan bahwa Bank of Japan akan menaikkan suku bunga.

"Realisasi pasar bahwa kenaikan suku bunga tidak akan mudah bagi Bank of Japan dalam beberapa bulan mendatang dan penilaian ulang secara simultan terhadap risiko penurunan suku bunga The Fed sudah tercermin dalam kenaikan dolar terhadap yen," kata ekonom Rabobank.

Bulan ini, pasangan USD/JPY naik. Bahkan jika penguatan dolar mungkin menjadi salah satu penyebabnya, skeptisisme terhadap kebijakan moneter Jepang kemungkinan juga berperan, kata ahli strategi Commerzbank.

"Jika Bank of Japan memperjelas minggu depan bahwa mereka tidak berniat mengubah arah kebijakan moneter untuk saat ini, yang menurut kami mungkin terjadi, pasangan USD/JPY bisa naik sedikit lagi," kata mereka.

Mizuho Securities memperkirakan yen bisa melampaui 150 per dolar pada awal Februari jika Bank of Japan tetap berpegang pada sikap dovish minggu depan dan Ketua Fed Jerome Powell mengambil sikap serupa dengan Christopher Waller pada pertemuan FOMC berikutnya pada 30-31 Januari.

Bank of England juga berada dalam posisi yang sulit karena data yang dirilis awal pekan ini menunjukkan bahwa inflasi Inggris meningkat secara tak terduga pada bulan Desember, sementara penjualan ritel negara tersebut mencatat penurunan terbesar sejak Januari 2021.

Angka utama CPI di Inggris naik menjadi 4% tahun-ke-tahun pada bulan lalu setelah naik 3,9% pada bulan November.

"Di AS Anda dapat melihat bahwa inflasi menurun, namun di Inggris hal ini tidak terlalu terlihat," kata Nordea.

"Intinya adalah Bank of England berada dalam posisi yang sulit dan para pengambil kebijakan harus menunggu sedikit lebih lama untuk mendapatkan data sebelum melihat apakah akan ada peluang untuk menurunkan suku bunga pada bulan Juni seperti yang diperkirakan pasar," tambah mereka.

Dolar AS, Euro dan Pound menunjukkan ketahanan ketika Yen melemah

Sementara itu, penjualan ritel di Foggy Albion turun 3,2% antara bulan Desember dan November.

"Dampak krisis biaya hidup dan kenaikan tajam suku bunga masih membebani pendapatan riil dan belanja konsumen," kata para ahli di Capital Economics.

Mereka memperkirakan bahwa inflasi akan mencapai target di Inggris lebih cepat dibandingkan negara-negara maju lainnya.

"Perkiraan kami yang direvisi menyiratkan penurunan suku bunga bank negara tersebut menjadi 3% pada akhir siklus pelonggaran, yaitu sekitar 40bps di bawah perkiraan investor saat ini," kata analis Capital Economics.

"Sebaliknya, ekspektasi pasar secara umum sejalan dengan perkiraan kami mengenai tingkat suku bunga AS. Secara keseluruhan, perkiraan kami menunjukkan pergeseran kesenjangan imbal hasil jangka pendek yang mendukung dolar," kata mereka.

Ahli strategi Capital Economics juga percaya bahwa pound dinilai terlalu tinggi pada level saat ini, sehingga memberikan banyak ruang bagi sterling untuk jatuh.

"Kami tetap berpegang pada perkiraan kami bahwa GBP/USD akan turun ke 1,2000 pada akhir tahun ini dari level saat ini di atas 1,2600", kata mereka.

Meskipun Bank of England mengamati dengan cermat data tersebut untuk menentukan kapan bank tersebut akan menurunkan suku bunganya, kisaran sideways untuk GBP/USD yang telah ada selama sebulan terakhir ini tetap utuh, kata ekonom di Scotiabank.

"GBP/USD telah mundur dari terendah sebelumnya dan bertahan tepat di bawah titik tengah kisaran trading 1,2600-1,2825 yang telah ada sejak pertengahan Desember. Baik grafik harian maupun mingguan tidak memberikan indikasi yang jelas mengenai arah pergerakan di masa depan, " mereka berkata.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.