Note

IHSG dalam Tren Baru, Tiga Sentimen Ini Jadi Penopang

· Views 33
IHSG dalam Tren Baru, Tiga Sentimen Ini Jadi Penopang
IHSG dalam Tren Baru, Tiga Sentimen Ini Jadi Penopang (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tengah membuat tren baru dengan konsolidasi dengan rentang support 7.180 dan resistance 7.280.

Equity Analyst PT Indo Premier Sekuritas (IPOT), Dimas Krisna Ramadhani mengatakan, ada tiga sentimen yang wajib diperhatikan para trader yakni indeks harga belanja personal inti bulanan AS, data tenaga kerja mingguan AS dan aliran dana asing ke IHSG. 

“Berdasarkan konsensusnya kalau Indeks Harga Belanja Personal Inti bulanan AS (Core PCE) akan berada di level 0,2% atau naik dari bulan sebelumnya yang berada di level 0,1%. Indikator ini yang digunakan oleh The Fed dalam mendapatkan gambaran inflasi yang terjadi disana dan memengaruhi keputusan suku bunga yang akan dilakukan oleh The Fed di bulan ini," jelas Dimas dalam risetnya, Senin (22/1/2024).

Terkait sentimen data tenaga kerja mingguan AS, pada Kamis besok data tenaga kerja mingguan AS akan rilis dan berdasarkan konsensusnya kalau AS akan mencatatkan penambahan tenaga kerja sebesar 200 ribu atau meningkat dari minggu sebelumnya yang mencatatkan kenaikan tenaga kerja sebesar 187 ribu.

"Data ini juga sering digunakan The Fed dalam mempertimbangkan arah kebijakan suku bunganya. Apabila tenaga kerja terus mengalami pertumbuhan maka kondisi ekonomi AS berada dalam kondisi yang baik. Di sisi lain, hal ini memicu kekhawatiran bagi The Fed kalau mereka tidak dapat mencapai target inflasi 2% di 2024,” ungkap Dimas.

Sementara itu terkait sentimen aliran dana asing ke IHSG, terang Dimas, apabila asing kembali mencatatkan pembelian ke saham-saham penting IHSG (big banks dan blue chip) maka semakin menimbulkan optimisme bagi pelaku pasar untuk 2024 ini.

Dalam seminggu terakhir investor asing mencatatkan pembelian sebesar Rp537 miliar di pasar reguler dan bahkan nominal pembelian mencapai Rp9,19 triliun dalam sebulan terakhir.

Menurut Dimas, kenaikan harga saham blue chip seperti big banks dapat terjadi seiring dengan akumulasi pembelian yang dilakukan oleh investor asing.

“Apabila aliran dana asing masih akan terjadi hingga beberapa waktu kedepan, kita bisa mengharapkan kenaikan IHSG dapat terjadi lagi dan membentuk level tertinggi barunya dalam beberapa bulan kedepan,” pungkasnya.

Berdasarkan data-data ekonomi dan sentimen di atas, PT Indo Premier Sekuritas merekomendasikan buy pada 3 saham untuk trading pada minggu ini hingga 26 Januari 2024 mendatang, yakni Buy BRIS (Support: 2010, Resistance: 2.200), Buy BBTN (Support: 1355, Resistance: 1.450) dan Buy ICBP (Support: 11.550, Resistance: 12.550).

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.