Note

Tom Lembong Jawab Tudingan Gibran soal Bohongi Publik Tesla Tak Pakai Nikel

· Views 29
Tom Lembong Jawab Tudingan Gibran soal Bohongi Publik Tesla Tak Pakai Nikel
Tom Lembong/Foto: Ari Saputra
Jakarta

Calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka menyebut Timnas Amin melakukan kebohongan publik. Hal itu diungkapkan Gibran saat melempar pertanyaan kepada Cak Imin dalam debat cawapres semalam.

Mulanya, Gibran mengatakan pasangan nomor urut 1 dan tim suksesnya menggaungkan Lithium Ferro Phosphate atau LFP. LFP kerap digaungkan oleh Co-Captain Timnas Amin, Thomas Lembong.

Cak Imin pun menanggapi pertanyaan Gibran, namun jawaban Cak Imin tak memuaskan Gibran. Gibran lantas menyebut, Cak Imin tak memahami LFP. Dia mengatakan, tim suksesnya melakukan kebohongan publik karena Tesla memakai nikel, bukan LFP.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ini agak aneh ya, yang sering ngomong LFP itu timsesnya, tapi cawapresnya nggak paham LFP itu apa, kan aneh. Sering bicara 'LFP, LFP, Lithium Ferro Phosphate, Tesla nggak pakai nikel'. Ini kan kebohongan publik. Mohon maaf, Tesla itu pakai nikel pak," kata Gibran.

Menanggapi hal itu, Tom Lembong menjelaskan bahwa yang dimaksud dirinya Tesla tak menggunakan nikel adalah Tesla yang diproduksi di China. Tom Lembong mengatakan tak menyamaratakan semua Tesla.

"Saya kira harus dilihat lagi ya, yang saya sebut di podcast itu adalah semua mobil Tesla yang dibuat di Tiongkok, bukan semua mobil Tesla," kata Tom Lembong dikutip dari CNBC Indonesia Your Vote Your Money, Senin (22/1/2024).

Sementara untuk Tesla yang dibuat di Amerika, kata Tom Lembong, memang masih diproduksi menggunakan nikel. Ia pun meminta Gibran untuk mengecek kembali pernyataan yang pernah dilontarkannya.

"Jadi semua mobil Tesla yang dibuat di Tiongkok menggunakan baterai LFP. Jadi mohon dilihat lagi di podcast tersebut sangat jelas. Tentu saya tahu bahwa mobil Tesla di Amerika menggunakan baterai nikel," jelasnya.

Diketahui, dalam sebuah podcast Total Politik yang disiarkan di Youtube, Tom Lembong memang pernah membicarakan tentang Tesla yang menggunakan LFP. Namun, saat itu Tom Lembong mengatakan baterai Tesla yang menggunakan LFP hanya yang diproduksi di China.

"Jadi 100% dari semua mobil Tesla yang dibuat di Tiongkok, menggunakan baterai yang mengandung 0% nikel dan 0% kobalt. Jadi namanya LFP, ini pakai besi, pakai fosfat, masih tetap pakai lithium, tapi sudah tidak pakai nikel dan kobalt," kata Tom Lembong dalam podcast tersebut dikutip detikcom.

(fdl/fdl)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.