Note

Siap Listing, Intip Kinerja Keuangan Topindo Solusi (TOSK)

· Views 42
Siap Listing, Intip Kinerja Keuangan Topindo Solusi (TOSK)
Siap Listing, Intip Kinerja Keuangan Topindo Solusi (TOSK) (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Topindo Solusi Komunika Tbk (TOSK) dijadwalkan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal Februari 2024. 

Perihal kinerja, per Juli 2023, calon emiten teknologi ini mencatatkan laba bersih sebesar Rp1,58 miliar atau turun sebesar 62,76% dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp4,25 miliar. 

Baca Juga:
Siap Listing, Intip Kinerja Keuangan Topindo Solusi (TOSK) Topindo Solusi (TOSK) Incar Dana IPO Rp109 Miliar, Intip Alokasinya

Penurunan tersebut sejalan dengan penurunan laba sebelum pajak sebesar Rp3,46 miliar dan ditambah dengan beban pajak penghasilan sebesar Rp794,11 juta.

Penjualan perseroan di tujuh bulan pertama tahun 2023 lalu juga mengalami penurunan sebesar 5,24% menjadi Rp1,35 triliun, dari sebelumnya sebesar Rp1,42 triliun. 

Baca Juga:
Siap Listing, Intip Kinerja Keuangan Topindo Solusi (TOSK) Masuk Bookbuilding, Fintech Topindo (TOSK) Pasang Harga IPO Segini

Hal ini terutama disebabkan oleh penurunan penjualan atas produk digital pulsa sebesar 33%, penjualan pulsa data atau voucher data sebesar 26% dan voucher game sebesar 62%, yang diimbangi dengan kenaikan penjualan saldo e-money sebesar 58% dan token PLN sebesar 8%. 

“Perseroan mengantisipasi penurunan penjualan dengan cara terus menambah jumlah varian produk, termasuk menjalin kerja sama strategis dengan pihak ketiga untuk layanan-layanan pendukung lainnya, sesuai dengan kebutuhan pasar yang akan datang,” demikian dikutip dari prospektus pada Senin (22/1/2024).

Baca Juga:
Siap Listing, Intip Kinerja Keuangan Topindo Solusi (TOSK) Mau IPO, Fintech Topindo Solusi (TOSK) Bidik Dana Segar Rp109,37 Miliar

Selain itu, manajemen perseroan juga akan melakukan upaya peningkatan penjualan dengan menambah titik-titik redistribusi melalui sales force dengan pengawasan melalui konsep Topindoku Strategic Partnership (TSP), yang di mana kerja sama ini melibatkan partner lokal yang dipilih sesuai dengan daerah masing-masing.

Dari sisi pengeluaran, per Juli 2023 beban pokok penjualan perseroan tercatat sebesar Rp1,33 triliun, turun 4,89% bila dibandingkan periode yang sama tahun 2022 yaitu sebesar Rp1,40 triliun. 

Penurunan tersebut sejalan dengan penurunan penjualan pada periode yang sama pada tahun 2023 dibanding periode tahun 2022 yaitu sebesar 5,24%. 

Rencana perseroan dalam efisiensi beban pokok penjualan, di mana saat ini topindoku melakukan pembelian produk tidak langsung ke principal (produk virtual dan produk fisik) setelah penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) dengan modal kerja yang memadai.

“Manajemen akan menjalin kerja sama secara langsung kepada principal sehingga akan mendapatkan harga pembelian yang lebih murah,” lanjut prospektus.

Dalam aksi korporasi ini, perseroan menawarkan sebanyak 875 juta saham atau 20,00% dari total modal yang ditempatkan dan disetor. Perseroan telah menetapkan harga penawaran awal sebesar Rp115-Rp125 per saham.

Masa penawaran umum atau offering akan berlangsung pada 29 Januari hingga 1 Februari 2024. Perseroan menunjuk PT MNC Sekuritas dan PT Erdhika Elit Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek. 

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.