Note

Pasar, ECB, dan Fed bingung mengenai ekspektasi suku bunga

· Views 47

Pasar, ECB, dan Fed bingung mengenai ekspektasi suku bunga

Suku bunga tidak hanya terus menjadi isu yang sedang berlangsung, namun juga fokus utama di pasar mata uang. Selain itu, isu inflasi juga mempunyai arti penting. Kenyataannya, pasar telah terjerumus ke dalam "lubang ketidakpastian dan ambiguitas", yang menghasilkan beragam prediksi mengenai inflasi, suku bunga, dan jangka waktu pelonggaran kebijakan di Zona Euro, Inggris, dan AS. Kini, negara tersebut tidak hanya bergulat dengan informasi, namun juga berbagai opini, prakiraan, dan ekspektasi.

Pertimbangkan pertemuan Federal Reserve yang akan segera terjadi sebagai contoh. Prediksi mengenai hasilnya diberikan oleh 50 analis, dengan 10 analis percaya bahwa tingkat suku bunga akan tetap tidak berubah, 10 analis lainnya memperkirakan kenaikan sebesar 25 bps, 10 analis lainnya memperkirakan kenaikan sebesar 50 bps, dan 10 analis memperkirakan kenaikan sebesar penurunan 25 bps, dan 10 sisanya berspekulasi mengenai pengurangan 50 bps. Pendapat-pendapat ini bukan sekedar dugaan; masing-masing didasarkan pada pembenaran yang masuk akal, menjadikan masing-masing hasil tersebut masuk akal. Dalam skenario seperti itu, bagaimana pasar dapat melakukan trading dengan yakin ketika terdapat lima pandangan yang sama-sama masuk akal?

Kompleksitas yang sama juga sedang terjadi saat ini. Namun, terdapat lebih banyak opini yang terlibat, karena situasi ini tidak hanya mencakup rapat satu bank sentral saja, namun juga rapat ketiga bank sentral sepanjang tahun 2024. Pasar terus berspekulasi dan membuat hipotesis mengenai kapan bank sentral tertentu akan memulai kebijakan pelonggaran dan sejauh mana masing-masing regulator akan menurunkan suku bunga secara total sepanjang tahun 2024. Dengan banyaknya perbedaan pendapat, bahkan anggota Dewan Pengurus bank sentral pun merasa tidak yakin mengenai ekspektasi pasar.

Baru-baru ini, salah satu anggota Dewan Pengurus ECB, Bostjan Vasle, menyatakan bahwa ekspektasi penurunan suku bunga pada musim semi terlalu dini. Sebaliknya, minggu ini, Christine Lagarde menyatakan bahwa penurunan suku bunga kemungkinan besar akan terjadi menjelang awal musim panas. Namun, pasar telah mengantisipasi dimulainya kebijakan pelonggaran pada musim gugur. Dalam konteks ini, ada tiga tesis yang sepenuhnya bertentangan, yang semakin membingungkan para pelaku pasar. Entah Vasle tidak menyadari ekspektasi pasar, atau dia melewatkan pernyataan Lagarde, atau pasar sendiri menjadi tidak yakin mengenai apa yang diantisipasi dari ECB. Terlepas dari itu, konsensus mengenai suku bunga untuk tahun 2024 masih belum ada.

Mengingat hal ini, pelaku pasar melakukan trading sesuai keinginan mereka. Untuk euro, pola gelombang masih dapat dipahami, menunjukkan penurunan pada instrumen. Namun, untuk pound, periode pergerakan horizontal telah berlangsung selama lebih dari sebulan.

Kesimpulannya, berdasarkan analisis, saya mengantisipasi kelanjutan pola gelombang menurun. Wave 2 atau b tampaknya telah mencapai kesimpulannya, membuat saya memperkirakan akan dimulainya kembali wave impulsif ke bawah, kemungkinan Wave 3 atau c, yang akan segera mengakibatkan penurunan signifikan pada instrumen. Upaya yang gagal untuk menembus level 1,1125, setara dengan 23,6% pada skala Fibonacci, menandakan kesiapan pasar untuk menjual.

Sedangkan untuk pasangan pound/dolar, pola gelombang menunjukkan penurunan yang akan terjadi. Saat ini, saya mempertimbangkan untuk menjual instrumen dengan target yang ditetapkan di bawah level 1,2039, karena Gelombang 2 atau b diperkirakan akan segera berakhir dan dapat terjadi kapan saja. Sudah ada indikasi penyelesaiannya. Namun, saya menyarankan untuk tidak mengambil kesimpulan dan menjual secara terburu-buru. Sebaliknya, saya akan merekomendasikan menunggu upaya yang berhasil untuk menembus level 1,2627, karena hal ini akan mempermudah antisipasi penurunan instrumen lebih lanjut.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.