Note

XAU/USD: mempertahankan dinamika ke atas

· Views 41

Setelah mencapai level terendah lokal dalam 5 minggu di dekat angka 2002.00 pada hari Rabu, pasangan XAU/USD melanjutkan kembali pertumbuhannya pada hari Kamis. Pada saat penulisan dan awal sesi trading Amerika, harga trading mendekati angka 2015.00, mencoba menembus di atas level resistensi penting di tahun 2016.00 dan melanjutkan tren kenaikan.

XAU/USD: mempertahankan dinamika ke atas

Kredit utama di sini, tidak diragukan lagi, adalah dolar, yang telah berhasil menguat secara signifikan sejak awal bulan ini. Indeks DXY-nya bertambah sekitar 3% selama waktu ini, mencapai puncaknya sejak 14 Desember dan mencapai 103,45 pada Rabu lalu.

Dalam beberapa hari terakhir, penguatan dolar difasilitasi oleh peningkatan tajam ketegangan geopolitik di kawasan Laut Merah dan Timur Tengah serta melemahnya ekspektasi mengenai pelonggaran kebijakan moneter Federal Reserve dalam waktu dekat. Para anggota pimpinan Federal Reserve semakin menyatakan bahwa ekspektasi pasar terhadap dimulainya pelonggaran kebijakan moneter The Fed dalam waktu dekat terlalu tinggi. Misalnya, anggota Dewan Federal Reserve Christopher Waller mengatakan pada hari Rabu bahwa ia menganggap terlalu dini untuk melakukan penyesuaian biaya pinjaman, karena sekarang lebih baik untuk memastikan bahwa tren penurunan tekanan inflasi dapat berkelanjutan.

Selain itu, data yang diterbitkan minggu lalu menunjukkan Indeks Harga Konsumen pada bulan Desember meningkat menjadi +0,3% dan +3,4% secara tahunan setelah tumbuh masing-masing sebesar +0,1% dan +3,1% di bulan sebelumnya. Meskipun CPI inti tahunan menurun pada bulan Desember dari +4,0% menjadi +3,9%, data ini melebihi perkiraan para ekonom, sehingga memberikan dorongan bullish pada dolar. Indeks DXY melonjak setelah publikasi CPI ke level tertinggi 4 hari dan 102,51. Sebelum publikasi ini, banyak pelaku pasar telah memperkirakan penurunan suku bunga pertama Federal Reserve pada awal bulan Maret. Namun, percepatan inflasi di AS secara signifikan mengurangi kemungkinan ini, sehingga menunda waktunya hingga paruh kedua tahun ini.

Dolar juga menerima dukungan dari statistik makro Amerika Serikat yang cukup positif. Menurut data yang disajikan pada hari Rabu, volume penjualan ritel tumbuh di bulan Desember dari +0,3% menjadi +0,6% (dengan perkiraan +0,4%), indikator "grup kontrol ritel" - dari +0,5% menjadi +0,8%, dan volume produksi industri tumbuh di bulan Desember sebesar +0,1% setelah dinamika nol di bulan November.

Sementara itu, permintaan emas di bursa komoditas masih tinggi. Menurut Chicago Mercantile Exchange, rata-rata volume trading harian emas mencapai 436.000 posisi, sedangkan pada 27 Desember hingga 4 Januari sebesar 247.000.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
XAU/USD: mempertahankan dinamika ke atas

Berdasarkan laporan akhir tahun 2023 yang diterbitkan pada hari Rabu oleh Dewan Emas Dunia, kenaikan harga emas paling dipengaruhi oleh permintaan dari bank sentral dan peningkatan risiko geopolitik. Ketegangan yang sedang berlangsung di Timur Tengah mungkin akan segera mempengaruhi redistribusi minat terhadap aset-aset safe-haven demi emas, demikian keyakinan para ekonom, terutama sejak tahun ini, bank-bank sentral utama dunia kemungkinan akan melonggarkan kebijakan mereka dan menurunkan suku bunga.

Oleh karena itu, pasangan XAU/USD kemungkinan akan melanjutkan tren kenaikannya.

Pada hari Jumat, pelaku pasar akan fokus pada Indeks Sentimen Konsumen awal dari University of Michigan, yang diperkirakan meningkat dari 69,7 menjadi 70,0 pada bulan Januari. Jika datanya ternyata positif, hal ini dapat memberikan dorongan bullish baru pada dolar di akhir minggu.

XAU/USD: mempertahankan dinamika ke atas

Dari sudut pandang teknis, meskipun terjadi penurunan yang terlihat pada hari Rabu, XAU/USD mempertahankan dinamika kenaikan, trading di zona pasar bullish jangka menengah dan panjang. Namun, agar pemulihan lebih berhasil, harga masih harus melampaui angka tahun 2016.00, 2020.00 terlebih dahulu.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.