Note

Didukung Sentimen Domestik dan Global, Rupiah Menguat ke Rp15.615

· Views 24
Didukung Sentimen Domestik dan Global, Rupiah Menguat ke Rp15.615
Didukung Sentimen Domestik dan Global, Rupiah Menguat ke Rp15.615 (foto mnc media)

IDXChannel - Nilai tukar (kurs) rupiah sore ini ditutup menguat 8 poin ke level Rp15.615 setelah sebelumnya di level Rp15.623 per USD.

Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan, penguatan rupiah didorong sentimen global tentang klaim awal tunjangan pengangguran negara turun 16.000 menjadi 187.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 13 Januari, level terendah sejak September 2022, menurut Departemen Tenaga Kerja pada Kamis.

Baca Juga:
Didukung Sentimen Domestik dan Global, Rupiah Menguat ke Rp15.615 BI Ramal Rupiah Perkasa di 2024, Bagaimana Efek The Fed?

Ini lebih rendah dari ekspektasi para ekonom yang disurvei oleh Reuters sebesar 207.000.

"Data penjualan ritel yang kuat dan serangkaian komentar yang cenderung hawkish dari pejabat The Fed minggu ini memicu meningkatnya keraguan bahwa The Fed akan mulai menurunkan suku bunganya pada Maret 2024," tulis Ibrahim dalam risetnya, Jumat (19/1/2024).

Baca Juga:
Didukung Sentimen Domestik dan Global, Rupiah Menguat ke Rp15.615 BI: Nilai Tukar Rupiah Tetap Stabil Cenderung Menguat di 2024

Presiden Federal Reserve Atlanta, Raphael Bostic mengatakan, terbuka untuk menurunkan suku bunga AS lebih cepat dari kuartal ketiga yang dia antisipasi jika ada bukti yang “meyakinkan” dalam beberapa bulan mendatang bahwa inflasi turun lebih cepat dari perkiraannya.

Pelaku pasar juga terlihat secara tajam mengurangi taruhan pada pemotongan suku bunga di Maret, menurut alat CME Fedwatch. Para pedagang saat ini memperkirakan, peluang sebesar 51,9% untuk pemotongan suku bunga di Maret, turun tajam dari 68,3% yang terlihat pada minggu lalu.

Baca Juga:
Didukung Sentimen Domestik dan Global, Rupiah Menguat ke Rp15.615 BI: Rupiah Melemah 1,24 Persen tapi Lebih Baik dari Ringgit, Baht, dan Won
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.