Note

Regulator Siapkan Insentif Anggota Bursa Penyemarak Papan Pemantauan Khusus

· Views 29

Pasardana.id - Regulator dan operator bursa tengah merancang peraturan penyedia penawaran jual beli atau liquidity provider untuk saham-saham yang masuk dalam papan pemantaun khusus.

Pasalnya, setelah diterapkan papan pemantauan khusus tetap saja likuiditas transaksi saham-saham anggotanya sepi.

Menurut Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Jeffrey Hendrik, liquidity provider akan diprioritaskan untuk mendongkrak nilai transaksi pada saham-saham di papan pemantauan khusus.

“Untuk saham yang sudah likuiditas besar sudah tidak perlu liquidity provider. Jadi prioritasnya untuk saham-saham yang sepi transaksi seperti di papan pemantauan khusus,” jelas dia di Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Sementara ini, lanjut dia, bursa dan OJK masih berdiskusi syarat-syarat Anggota Bursa (AB) yang dapat menjadi liquidity provider.

Salah satu syarat utama, kata dia, AB tersebut memiliki manajemen risiko yang mumpuni.

Sehingga saat melakukan aksi sebagai liquidity provider telah sesuai dengan kemampuannya.

“Pastinya, AB itu harus mempunyai permodalan yang cukup kuat. Masalah angka modal itu berapa dan lain-lain masih dibahas,” jelas dia.  

Lebih lanjut, dia bilang, untuk menarik AB menjadi liquidity provider telah dirancang insentifnya.

“Salah satu insentif yang akan diterima AB tersebut akan memiliki keleluasaan melakukan transaksi jual kosong atau short selling,” tutur dia.

Lebih lanjut Jeffry menegaskan, rancangan peraturan perubahan short selling, guna melengkapi peraturan liquidity provider.

“Sekarang, dalam aturan short selling ada yang namanya uptic rule. Si pelaku harus pasang harga jual satu tingkat fraksi di atas harga terakhir. Nanti kami usulkan penjual short sell bisa di last price. Jadi berapapun harga terakhir dapat dipasang jual,” jelas dia.

Terakhir, dia berharap, peraturan liquidity provider dan perubahan peraturan short selling dapat diterbitkan pada tahun ini.  

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.