Note

Wall Street Booms: Kecerdasan Buatan (AI) dan Meningkatnya Obligasi Membuka Peluang Baru

· Views 33

Wall Street Booms: Kecerdasan Buatan (AI) dan Meningkatnya Obligasi Membuka Peluang Baru

Pada hari Kamis, indeks saham AS naik tajam: indeks S&P 500 mendekati rekor tertinggi karena optimisme terhadap kecerdasan buatan berkontribusi pada pertumbuhan saham Nvidia dan produsen chip lainnya.

Saham Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC), yang terdaftar di AS, naik hampir 10% setelah produsen semikonduktor kontrak terbesar di dunia memperkirakan pertumbuhan pendapatan pada tahun 2024 sebesar lebih dari 20% di tengah meningkatnya permintaan chip berkinerja tinggi yang digunakan dalam aplikasi AI.

Saham pembuat chip Nvidia (NVDA.O) naik 1,9% ke rekor tertinggi, menjadi perusahaan yang paling banyak trading di Wall Street dengan hampir $28 miliar saham terjual. Saham Rival Advanced Micro Devices (AMD.O) naik 1.6% dan juga mencapai rekor tertinggi.

Saham Broadcom (AVGO.O), Qualcomm (QCOM.O), dan Marvell Technology (MRVL.O) masing-masing bertambah lebih dari 3%. Indeks semikonduktor Philadelphia SE (.SOX) naik 3,4% dan mendekati rekor tertinggi pada Desember 2023.

Saham Apple (AAPL.O) melonjak 3,3% setelah BofA Global Research meningkatkan saham pembuat iPhone itu menjadi "beli" dari "netral". Hal ini membantu indeks teknologi informasi S&P 500 (.SPLRCT) naik sebesar 2% dan mencapai rekor tertinggi.

Indeks S&P 500 naik 0,88% dan mengakhiri sesi di 4.780,94 poin. Indeks tersebut anjlok hanya 0,3% dibandingkan rekor penutupan tertinggi pada Januari 2022.

Nasdaq bertambah 1,35% menjadi 15.055,65 poin, sedangkan indeks industri Dow Jones naik 0,54% menjadi 37.468,61 poin.

Data menunjukkan bahwa jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran mereda pada pekan lalu ke level terendah pada akhir tahun 2022, menunjukkan adanya peningkatan yang percaya diri dalam pekerjaan pada bulan Januari.

Wall Street berfluktuasi dalam beberapa sesi terakhir karena investor menjadi kurang yakin bahwa Federal Reserve akan mulai menurunkan suku bunga pada bulan Maret.

Lanjutan Penulisan Ulang dalam Bahasa Inggris:

Indeks S&P 500 kehilangan posisinya pada hari Selasa dan Rabu menyusul data penjualan ritel yang kuat untuk bulan Desember dan setelah pembuat kebijakan menurunkan ekspektasi untuk memulai penurunan suku bunga lebih awal.

Menurut FedWatch Tool dari CME Group, para trader sekarang melihat peluang 56% penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin di bulan Maret dibandingkan dengan kemungkinan lebih dari 80% pada bulan lalu.

Sektor-sektor yang sensitif terhadap suku bunga melemah: indeks real estat S&P 500 (.SPLRCR) turun 0,6%, dan indeks utilitas (.SPLRCU) kehilangan 1,05%.

Saham-saham Eropa ditutup lebih tinggi, dibantu oleh laporan optimis dan publikasi notulensi pertemuan ECB bulan lalu, yang menunjukkan para pengambil kebijakan yakin bahwa inflasi kembali ke tingkat target. Indeks STOXX 600 pan-Eropa (.STOXX) naik 0,59%, dan indeks saham global MSCI (.MIWD00000PUS) bertambah 0,73%. Saham-saham emerging market tumbuh 0,37%. Indeks MSCI saham Asia Pasifik di luar Jepang (.MIAPJ0000PUS) ditutup naik 0,39%, sedangkan Nikkei Jepang (.N225) kehilangan 0,03%.

Raphael Bostic, Presiden Federal Reserve Atlanta, mengatakan dia siap menurunkan suku bunga lebih awal dari perkiraannya jika ada bukti yang meyakinkan dalam beberapa bulan mendatang bahwa inflasi merosot lebih cepat dari yang diperkirakan. Bostic sebelumnya menyatakan dia memperkirakan penurunan suku bunga akan tepat dilakukan pada paruh kedua tahun 2024.

Saham Humana (HUM.N) turun 8% setelah perusahaan asuransi memproyeksikan biaya pengobatan pada kuartal keempat akan lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya. Saham Peer UnitedHealth (UNH.N) turun 1,6%.

Bagian Akhir dari Penulisan Ulang dalam Bahasa Inggris:

Saham KeyCorp (KEY.N) turun 4,6% setelah pemberi pinjaman melaporkan penurunan laba kuartal keempat, dan saham Birkenstock (BIRK.N) turun sekitar 8% setelah gagal memenuhi ekspektasi laba kuartalan.

Saham Spirit Airlines (SAVE.N) anjlok lebih dari 7% di tengah berita bahwa perusahaan sedang mempertimbangkan opsi pembiayaan kembali utangnya dan tidak mempertimbangkan restrukturisasi.

Jumlah obligasi yang naik melebihi jumlah obligasi yang menurun di S&P 500 (.AD.SPX) dengan rasio dua banding satu.

S&P 500 mencapai 30 titik tertinggi baru dan tujuh titik terendah baru; Nasdaq mencatat 56 titik tertinggi baru dan 180 titik terendah baru.

Volume trading di bursa AS relatif tinggi: 11,8 miliar lembar saham terjual dibandingkan dengan rata-rata 11,5 miliar lembar saham selama 20 sesi terakhir.

Indeks dolar (.DXY) naik 0,03%, euro turun 0,13% menjadi $1,0867.

Yen Jepang melemah 0,01% terhadap dolar AS menjadi 148,20 per dolar, sedangkan pound Inggris terakhir trading pada $1,2698, naik 0,21% untuk hari ini.

Harga minyak naik setelah Badan Energi Internasional (IEA) mendukung perkiraan OPEC mengenai tingginya permintaan minyak global tahun ini karena risiko geopolitik di Timur Tengah menyoroti masalah pasokan.

Minyak mentah AS naik 2,09% menjadi $74,08 per barel, dan Brent menetap di $79,10 per barel, naik 1,57% hari ini.

Harga emas naik karena meningkatnya kekhawatiran geopolitik, khususnya kerusuhan di Timur Tengah, meningkatkan daya tarik logam ini sebagai aset safe haven.

Harga emas di pasar spot bertambah 0,8% menjadi $2021,75 per ounce.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.