Note

EUR/USD. Analisis untuk 17 Januari. Pasar berpaling dari euro

· Views 31

Struktur gelombang pada grafik 4 jam untuk pasangan euro/dolar tetap tidak berubah. Selama setahun terakhir, kita hanya melihat tiga struktur gelombang yang terus-menerus bergantian satu sama lain. Pembangunan struktur tiga gelombang lainnya terus berlanjut, dan sifatnya bearish. Gelombang 1 yang diperkirakan telah selesai, namun gelombang 2 atau b telah menjadi lebih kompleks tiga atau empat kali lipat, dan tidak ada jaminan bahwa gelombang tersebut tidak akan menjadi lebih kompleks lagi.

Meskipun latar belakang berita tidak dapat dianggap "mendukung mata uang Eropa", pasar terus menemukan alasan baru untuk meningkatkan permintaan terhadap pasangan mata uang ini. Situasi ini tidak normal. Bahkan jika tren kenaikan berlanjut, struktur internalnya tidak akan terbaca.

Struktur gelombang internal dari dugaan gelombang 2 atau b telah berubah. Karena gelombang ke bawah yang terakhir sangat besar, saya sekarang menafsirkannya sebagai gelombang b. Jika hal ini terjadi, gelombang 3 atau c sedang dibangun, dan seluruh gelombang 2 atau b mungkin telah selesai. Kemunduran saat ini dari level tertinggi yang dicapai terlihat meyakinkan.

Pasar telah menyadari kesia-siaan mata uang Eropa.

Pasangan euro/dolar hanya mengalami penurunan sepuluh basis poin pada hari Rabu, namun sebelumnya kehilangan 75 poin. Kemarin diketahui inflasi di Jerman meningkat menjadi 3,7%, dan hari ini di Uni Eropa mencapai 2,9%. Laporan-laporan ini dapat mendukung permintaan euro sekali lagi. Namun, pasar akhirnya mengingat sifat korektif dari gelombang ke atas dan telah berlangsung terlalu lama dalam pembangunannya. Oleh karena itu, pasar telah beralih ke arah pembentukan gelombang impulsif bearish, yang berpotensi mengakibatkan penurunan signifikan pada mata uang Eropa dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Hari ini, selain laporan inflasi di UE, ada beberapa peristiwa menarik. Laporan penjualan ritel yang dirilis di Amerika Serikat menunjukkan kenaikan 0,6% di bulan Desember, melampaui ekspektasi pasar. Laporan produksi industri akan dirilis nanti. Namun, kenaikan permintaan dolar baru-baru ini kemarin dan hari ini sepertinya tidak terkait dengan laporan-laporan ini. Dua minggu lalu diketahui bahwa inflasi di Uni Eropa dan Jerman akan meningkat pada akhir Desember ketika perkiraan awal dirilis. Laporan penjualan ritel tidak diragukan lagi penting, namun tidak memiliki hubungan langsung dengan tren naik dolar baru-baru ini.

Pasar telah mulai mengurangi ekspektasi berlebihan mengenai penurunan suku bunga FOMC pada bulan Maret dan sepanjang tahun 2024. Selain itu, pada minggu ini, diketahui bahwa ECB mungkin akan menurunkan suku bunga sebanyak 4-5 kali pada tahun ini. Oleh karena itu, kita berbicara tentang penurunan suku bunga ECB dan The Fed yang hampir sama, dengan suku bunga The Fed tetap 1% lebih tinggi.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD. Analisis untuk 17 Januari. Pasar berpaling dari euro

Kesimpulan Umum.

Berdasarkan analisis yang dilakukan, saya menyimpulkan bahwa konstruksi rangkaian gelombang bearish terus berlanjut. Wave 2 atau b telah mengambil bentuk yang lengkap, jadi saya memperkirakan kelanjutan dari pembentukan wave ke bawah impulsif 3 atau c dengan penurunan signifikan pada pasangan ini segera. Upaya yang gagal untuk menembus angka 1,1125, setara dengan 23,6% menurut Fibonacci, menunjukkan kesiapan pasar untuk melakukan penjualan.

Pada skala gelombang yang lebih besar, terlihat bahwa konstruksi gelombang korektif 2 atau b terus berlanjut, yang dari segi panjangnya sudah lebih dari 61,8% dari gelombang pertama, menurut Fibonacci. Seperti yang telah saya sebutkan, ini tidak penting dan skenario pembentukan wave 3 atau c dengan penurunan pasangan di bawah level 4 angka masih valid.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.