Note

ANALIS MARKET (19/1/2024) : IHSG Berpotensi Lanjutkan Penguatan

· Views 30

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, Wall street ditutup lebih tinggi pada perdagangan hari Kamis (18/01/24), di mana S&P500 mendekati titik rekor tertinggi dan NASDAQ memimpin penguatan sebesar 1.4%, berhasil bangkit dari pelemahan intraday berkat rally perusahaan teknologi besar terutama Apple dan saham-saham perusahaan pembuat chip di tengah optimisme terkait aplikasi AI.

INDIKATOR EKONOMI: Data Initial Jobless Claims menunjukkan jumlah orang AS yang mengajukan klaim pengangguran justru drop 16 ribu ke angka 187 ribu pada pekan yang berakhir 13 Januari, merupakan titik terendah sejak September 2022. Data yang secara mengejutkan meleset dari perkiraan 207 ribu dan lebih rendah dari 203 ribu pada periode sebelumnya semakin menegaskan kekuatan pasar tenaga kerja yang beresiko memacu pertumbuhan Upah serta memupuskan ekspektasi pemotongan suku bunga di tahun 2024 ini. Untuk peluang pivot 25 bps terjadi pada bulan Maret, probability telah turun ke angka 55.9% (dari 69.3% di pekan sebelumnya), dan semakin tinggi spekulasi pivot mungkin malah terwujud pada FOMC Meeting bulan Mei dengan 45.7% peluang (naik dari 30.5% di pekan sebelumnya), seperti dilansir dari Fed Rate Monitor Tool milik Investing.com. Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic mengatakan pada hari Kamis bahwa ia memajukan jadwal terkait perkiraan pivot di kuartal ketiga tahun ini dari kuartal keempat, dengan alasan kemajuan yang tidak terduga pada inflasi dan aktivitas ekonomi AS. Bicara tentang aktivitas ekonomi AS, Philadelphia Fed Manufacturing Index yang men-survey 250 perusahaan manufaktur di negara bagian Philadelphia relatif masih menunjukkan pesimisme atas kondisi usaha umum di wilayah tersebut. Di penghujung minggu ini, para pelaku pasar akan memantau angka Existing Home Sales (Des.) serta ekspektasi Inflasi & Consumer Sentiment yang cukup dipandang dari University of Michigan mengenai faktor-faktor tersebut dalam 6 bulan ke depan.

KOMODITAS: Saham-saham energi merosot meski harga MINYAK melonjak karena kekhawatiran akan melemahnya permintaan mereda setelah International Energy Agency (IEA) mengeluarkan proyeksi pertumbuhan yang lebih kuat untuk permintaan minyak. IEA mengatakan bahwa mereka melihat konsumsi minyak global akan naik sebesar 1,24 juta barel per hari pada tahun 2024, naik sebanyak 180.000 barel per hari dari proyeksi sebelumnya. Menambah sentimen terhadap harga minyak, persediaan minyak mentah mingguan AS turun lebih banyak dari yang diperkirakan, meskipun stok bensin dan distilat secara tak terduga mengalami kenaikan.

MARKET ASIA & EROPA: Pagi ini, Jepang telah umumkan tingkat Inflasi bulan Desember yang menurun sesuai ekspektasi, melanjutkan spekulasi bahwa Bank of Japan akan terus mempertahankan kebijakan ultra-dovishnya pada pertemuan minggu depan. Trend pelemahan CPI Jepang ini tecermin dari aktivitas Industrial Production bulan Nov yang terkontraksi. Dari Benua Eropa, Retail Sales Inggris dan PPI Jerman akan jadi fokus perhatian pelaku pasar hari ini.

IHSG membalikkan kerugian kemarin dengan naik 52 points ke level 7253 ditopang reaksi para investor terhadap keputusan Bank Indonesia yang telah memutuskan BI Rate tetap di level 6.0 %. Apresiasi saham-saham grup Barito pun menjadi salah satu penyumbang utama penguatan tersebut.

Secara teknikal, Posisi penutupan IHSG dengan demikian mencoba kembali bertengger di atas MA10 & MA20 serta berusaha menetralisir ancaman konsolidasi lebih lanjut menuju 7100 up to level psikologis 7000.

But still, analis NH Korindo Sekuritas menyarankan para investor / trader tetap untuk tidak positioning terlalu agresif di penghujung minggu ini.

Assessment market lebih lanjut baiknya dilakukan pekan depan selepas weekend yang sarat dengan ketidakpastian terkait data ekonomi serta perkembangan tensi geopolitik.

“IHSG berpotensi lanjutkan penguatan,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset Jumat (19/1).

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.