Note

Capaian Ekspor Manufaktur RI Tahun 2023 Lampaui Target, Tembus US$187 Miliar

· Views 29

Pasardana.id - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melaporkan sepanjang tahun 2023 ekspor industri manufaktur atau pengolahan nonmigas hampir mencapai 187 miliar dolar AS.

Capaian angka tersebut melampaui target yang ditetapkan.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menuturkan realisasi ekspor selama Januari hingga Desember 2023 naik tipis di atas target sebesar US$ 186,40 miliar.

Kendati demikian, torehan ini masih cukup baik di tengah ketidakstabilan ekonomi dunia yang masih terjadi.

“Untuk tahun 2024, kami menargetkan US$ 193,4 miliar. Kami optimistis bisa tercapai,” kata Agus melalui keterangannya, Kamis (18/1).

Agus bilang, ada beberapa sektor yang menjadi penyumbang paling besar terhadap capaian nilai ekspor industri manufaktur nasional, antara lain; industri logam dasar, industri makanan, industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia.

Kemudian, ada pula sektor industri kendaraan bermotor, trailer dan semitrailer, industri komputer, barang elektronik, dan optik, serta industri kertas dan barang dari kertas.

“Kinerja ekspor yang melaju ini tentunya berperan besar terhadap pembentukan neraca perdagangan industri manufaktur menjadi surplus sebesar US$ 17,39 miliar. Ini artinya melanjutkan capaian surplus pada tahun 2022 lalu,” tuturnya.

Agus menyebut tren positif ini mengukuhkan industri manufaktur nasional sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

Oleh karena itu, pemerintah benar-benar fokus dan memberikan perhatian lebih untuk membangkitkan kembali performa industri manufaktur, dengan memperkuat sinergi di antara para pemangku kepentingan terkait dalam melaksanakan berbagai kebijakan strategis.

Di sisi lain, kekuatan industri manufaktur nasional di kancah global, juga ditunjukkan dari laporan Safeguard Global yang menyebutkan Indonesia masuk sepuluh besar penyumbang produk manufaktur dunia, yang sekaligus satu-satunya negara di Asia Tenggara (ASEAN) dalam daftar tersebut.

Berdasarkan publikasi tersebut, Indonesia berkontribusi sebesar 1,4% kepada produk manufaktur global.

Posisi ini merupakan kenaikan signifikan, karena pada empat tahun yang lalu, Indonesia masih berada di posisi 16. Tercatat, sepanjang Januari hingga Desember 2023, pangsa pasar ekspor industri pengolahan Indonesia masih terkonsentrasi di China dengan share 23,60%, disusul Amerika Serikat (AS) 12,25%, dan India 6,33%.

Selanjutnya, proyeksi tahun tahun 2024, aktivitas ekonomi global masih menghadapi risiko dan ketidakpastian, tercermin pada proyeksi perlambatan pertumbuhan ekonomi global oleh berbagai lembaga internasional yang juga diikuti oleh moderasi harga komoditas.

Hal ini secara langsung akan memberikan pengaruh terhadap aktivitas perdagangan Indonesia.

“Kami akan terus memantau dampak dari kondisi global terhadap ekspor nasional, serta menyiapkan langkah-langkah yang antisipatif melalui keberlanjutan kebijakan strategis seperti hilirisasi sumber daya alam, peningkatan daya saing produk manufaktur yang berorientasi ekspor, serta melakukan diversifikasi negara mitra dagang utama atau membidik negara nontradisional sebagai tujuan pasar ekspor,” tutur Agus.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.