Note

Saham Repo Adalah: Penjelasan Skema Pendanaan dan Contohnya di Pasar Modal

· Views 37
Saham Repo Adalah: Penjelasan Skema Pendanaan dan Contohnya di Pasar Modal
Saham Repo Adalah: Penjelasan Skema Pendanaan dan Contohnya di Pasar Modal. (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Secara sederhana, repo saham atau saham repo adalah perjanjian peminjaman dana dengan menggunakan saham sebagai agunan atau jaminan. Repo dalam hal ini sebenarnya adalah repurchase agreement. 

Mengutip Pendanaan Efek Indonesia (18/1), transaksi repo adalah perjanjian jual atau beli Efek dengan janji beli atau jual kembali pada waktu dan harga yang sudah ditetapkan. Efek yang ditransaksikan secara repo bisa berupa ekuitas (saham) atau utang (obligasi).  

Baca Juga:
Saham Repo Adalah: Penjelasan Skema Pendanaan dan Contohnya di Pasar Modal Emiten Grup Salim (DNET) Gadai Saham Indomaret-KFC untuk Jaminan Utang

Transaksinya disebut repo jika kontraknya adalah kontrak jual, dengan janji untuk membeli kembali Efek tersebut pada waktu dan harga yang sebelumnya telah disepakati. Sebaliknya, jika kontraknya adalah kontrak beli, maka disebut reserve repo

Skema transaksi peminjaman dana dengan menjadikan saham sebagai agunan ini, sebenarnya sama saja seperti peminjaman dana di Pegadaian di mana pemohon memberikan agunan berupa sertifikat tanah, barang elektronik, emas, atau kendaraan. 

Baca Juga:
Saham Repo Adalah: Penjelasan Skema Pendanaan dan Contohnya di Pasar Modal Sobat Investor, Ini Syarat Mengajukan Gadai Saham di Pegadaian

Namun dalam skema repurchase agreement, agunan yang dipakai adalah saham atau obligasi. Gambaran mudahnya, saham/obligasi agunan ini bisa dijual oleh pemberi pinjaman jika pihak peminjam gagal membayar utangnya tepat waktu.  

Mengutip Finansialku, umumnya perusahaan menjual repo yang dapat dibeli oleh investor perorangan. Biasanya, jika peminjam menjadikan saham sebagai jaminan, maka nilai pinjaman yang diberikan adalah 50% dari total saham yang dijaminkan. 

Baca Juga:
Saham Repo Adalah: Penjelasan Skema Pendanaan dan Contohnya di Pasar Modal Intip 3 Cara Gadai Saham di Pegadaian

Sementara jika peminjam menggunakan obligasi sebagai jaminan, maka nilai pinjaman yang diberikan bisa mencapai 70%. Mengapa perhitungannya dibuat demikian? Sebab Efek saham dan obligasi memiliki risiko fluktuasi harga di pasar modal. 

Berbeda dengan pinjaman dengan jaminan rumah atau emas, di mana harganya cenderung stabil. Jika terjadi gagal bayar, pemberi pinjaman dapat menjual agunan, yang kalaupun harga jualnya tidak 100% sama dengan nilai pinjaman, setidaknya modal kembali dengan risiko rugi yang relatif rendah. 

Dalam investasi pasar modal, kontrak pinjaman dengan repo telah diatur dalam POJK No. 9/POJK.04/2015. Sehingga repo saham adalah legal dan boleh dilakukan dalam investasi pasar modal. 

Contoh skema repo ini dapat dilihat pada Oktober 2023, ketika PT Sejahtera Raya Perkasa (SRP) selaku pemilik sebagian saham PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS), menjual 50 juta lembar sahamnya dengan skema reverse repo. 

SRP menjual kepemilikan sahamnya di harga Rp1.540/saham, dengan demikian perusahaan ini mengantongi dana segar, namun persentase kepemilikannya di IMAS berkurang, dari 11,98% menjadi 10,73%. 

Itulah penjelasan singkat tentang saham repo adalah dan contohnya. (NKK)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.