Note

Sentimen Suku Bunga AS hingga BI Rate Bawa Rupiah Menguat

· Views 25
Sentimen Suku Bunga AS hingga BI Rate Bawa Rupiah Menguat
Sentimen Suku Bunga AS hingga BI Rate Bawa Rupiah Menguat (Foto MNC Media)

IDXChannel - Nilai tukar (kurs) rupiah sore ini (18/1/2024) ditutup menguat 19 poin ke level Rp15.623 per USD (dolar AS).

Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan, penguatan rupiah didorong ketidakpastian mengenai kapan The Fed akan mulai menurunkan suku bunga yang telah membantu dolar AS pulih pada tahun ini.

Baca Juga:
Sentimen Suku Bunga AS hingga BI Rate Bawa Rupiah Menguat BI Ramal Rupiah Perkasa di 2024, Bagaimana Efek The Fed?

Dolar AS sebelumnya terpukul keras pada akhir 2023 setelah sikap dovish The Fed pada pertemuan FOMC Desember.

"Ekspektasi pasar terhadap penurunan suku bunga di Maret telah berkurang menjadi peluang 62,2% dibandingkan perkiraan 76,9% di sesi sebelumnya, menurut FedWatch Tool dari CME," kata Ibrahim dalam risetnya, Kamis (18/1/2024).

Baca Juga:
Sentimen Suku Bunga AS hingga BI Rate Bawa Rupiah Menguat Nilai Tukar Rupiah Terus Melemah, Sentuh Level Rp15.643 per Dolar AS

"Penjualan ritel AS dirilis pada Rabu malam, dan akan diawasi dengan ketat untuk mengetahui indikasi bahwa belanja konsumen, pendorong utama pertumbuhan ekonomi, tetap tangguh dalam menghadapi kenaikan suku bunga," sambungnya.

Selain itu, inflasi harga konsumen Inggris naik untuk pertama kalinya dalam 10 bulan pada Desember, meningkat menjadi 4,0% secara tahunan dari level terendah dalam lebih dari dua tahun sebesar 3,9% pada bulan November. 

Baca Juga:
Sentimen Suku Bunga AS hingga BI Rate Bawa Rupiah Menguat BI: Rupiah Melemah 1,24 Persen tapi Lebih Baik dari Ringgit, Baht, dan Won

Hal ini mengakibatkan para pedagang mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga Bank of England dalam beberapa bulan mendatang, dengan inflasi yang terbukti lebih kaku dibandingkan perkiraan sebelumnya.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.