Note

Platform Penopang UMKM di Indonesia, Topindoku Siap Melantai di Bursa

· Views 23
Platform Penopang UMKM di Indonesia, Topindoku Siap Melantai di Bursa
PT Topindo Solusi Komunika Tbk siap melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). (MNC Media)

IDXChannel - PT Topindo Solusi Komunika Tbk siap melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tak main-main, Topindo akan didampingi MNC Sekuritas untuk melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). 

PT Topindo Solusi Komunika Tbk (TOSK) adalah perusahaan start up yang berdiri pada tahun 2018. Perseroan memiliki satu platform yaitu Topindoku yang melayani penjualan Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Consumer (B2C). 

Baca Juga:
Platform Penopang UMKM di Indonesia, Topindoku Siap Melantai di Bursa Saksikan IG Live MNC Sekuritas: Topindoku yang Mau Melantai di Bursa

Melalui platform Topindoku, Perseroan menawarkan produk virtual seperti pulsa, paket data, token, voucher game, tiket perjalanan, pembayaran tagihan, retail, dan lain-lain. 

Target pelanggan utama Perseroan adalah para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) seperti warung-warung dan kedai-kedai yang menjadi mitra dari Perseroan.

Baca Juga:
Platform Penopang UMKM di Indonesia, Topindoku Siap Melantai di Bursa IPO Topindoku (TOSK), Startup Karya Anak Bangsa Pendukung UMKM Nasional 

Untuk mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia, platform Topindoku menawarkan layanan berkualitas tinggi. Perseroan memberdayakan dan mendorong pelaku usaha UMKM di pasar tradisional agar bisnis mereka dapat bersaing di era pasar modern, sehingga dapat meningkatkan dan menghasilkan kehidupan yang lebih baik. 

Di tahun 2023, platform Topindoku tercatat memiliki lebih dari 995.000 downloader di Playstore, 23.500 downloader di App Store, dan memiliki 25 Gerai, serta 66 Top Up Point (TUP).

Saat ini, Perseroan berdomisili di Kota Singkawang dan jaringan operasi mayoritas tersebar di wilayah Kalimantan. Melalui Penawaran Umum Perdana Saham ini, Perseroan berencana melebarkan sayapnya hingga luar Kalimantan.

Founder sekaligus CEO Perseroan Seiko Manito mengatakan, kesuksesan TOSK tidak diraih dalam satu malam, namun merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen selama puluhan tahun untuk memberdayakan dan mendorong pelaku usaha UMKM.

"Kemampuan TOSK dalam mempertahankan profitabilitasnya menunjukkan kemampuan untuk menerapkan strategi usaha yang optimal dan operasional yang efisien," kata Seiko lewat keterangan resminya, Kamis (18/1/2024).

Ekspansi Luar Kalimantan & Melantai di Bursa

Setelah cukup diakui dan mampu menguasai pasar di wilayah Kalimantan, Perseroan berencana untuk mengembangkan bisnis segmen produk digitalnya dengan melakukan penetrasi di wilayah luar Kalimantan. 

Sebagai salah satu langkah nyata guna mendukung ekspansi tersebut, TOSK pada tahun ini berencana untuk melakukan Penawaran Umum Saham Perdana atau IPO, dan saat ini telah resmi memulai masa penawaran awal (book building) sejak tanggal 15 Januari 2024 sampai dengan tanggal 19 Januari 2024.

Berdasarkan informasi yang tertuang dalam Prospektus Awal, Perseroan menawarkan sebanyak-banyaknya 875 juta Saham Baru atau setara dengan 20% dari modal disetor setelah IPO yang ditawarkan pada rentang harga Rp115 – Rp125 per saham, dengan target dana yang terkumpul sebanyak-banyaknya Rp109,37 miliar.

Dana hasil IPO ini akan digunakan untuk keperluan modal kerja Perseroan dan entitas anak, pengembangan sistem IT, dan akuisisi properti yang akan menjadi hub bisnis TOSK di Kota Singkawang.

Bersamaan dengan IPO ini, TOSK juga akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 262,5 juta Waran Seri I dengan rasio setiap pemegang 10 Saham Baru berhak memperoleh 3 Waran Seri I dengan kisaran harga pelaksanaan Rp144 – Rp156 per saham.

Dalam rangka mendukung proses IPO ini, Topindo Solusi Komunika telah menunjuk PT MNC Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

Direktur Investment Banking PT MNC Sekuritas, Hary Herdiyanto, mengungkapkan bahwa IPO TOSK memiliki cukup banyak investment thesis yang dapat menjadi pertimbangan calon investor.

Faktor utama antara lain adalah TOSK merupakan start-up dengan visi sociopreneur yang mendukung UMKM mengelola dan mengembangkan bisnis mereka, serta telah dipercaya oleh menjadi mitra dari institusi/perusahaan dengan reputasi ternama seperti Bank Nobu, Dana, Kisel, Pelni, Unipin, dan SAP.

"Poin berikutnya yang dapat menjadi pertimbangan kemampuan Perseroan dalam mencatatkan business turnover yang stabil di atas Rp2 triliun per tahun dalam 2 tahun terakhir," kata Haru.

"Ini menandakan stabilitas bisnis yang baik, selain itu, berada pada sektor ekonomi digital khususnya e-commerce yang masih diperkirakan memiliki pertumbuhan yang tinggi di masa mendatang membuat TOSK mempunyai prospek yang cukup cerah di masa depan," lanjutnya.

Masa book building saham TOSK berlangsung sejak tanggal 15 Januari 2024 hingga 19 Januari 2024. Selanjutnya untuk jadwal masa penawaran umum diperkirakan akan berlangsung pada tanggal 29 Januari – 1 Februari 2024 dan ditargetkan dapat resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 5 Februari 2024.

Untuk diketahui, MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Sejalan dengan hal tersebut, MNC Sekuritas menyediakan layanan sekuritas lengkap, termasuk membantu dan mendampingi klien dalam pendanaan pasar modal, misalnya melalui Initial Public Offering (IPO).

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari MNCSekuritas dengan segera unduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best.

(NIY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.