Note

USD/JPY naik karena melemahnya yen

· Views 47

Contoh yang buruk bisa menular. Pada bulan November–Desember, investor dengan penuh semangat membeli yen sebagai komoditas unggulan untuk mengantisipasi perbedaan kebijakan moneter antara Federal Reserve dan Bank of Japan. Dari Washington, diperkirakan terjadi penurunan suku bunga dana federal dari 5,5% menjadi 4%, dan dari Tokyo—normalisasi kebijakan moneter. Namun, hal ini kemungkinan tidak akan berjalan secepat di negara-negara maju lainnya pada tahun 2022-2023. Kecepatan itu penting. Segera setelah pasar menyadari hal ini, jalur kenaikan untuk USD/JPY terbuka.

Di bidang Forex, terdapat keyakinan yang kuat bahwa meskipun Bank of Japan melepaskan kendali atas kurva imbal hasil obligasi atau menaikkan suku bunga semalam, imbal hasil surat berharga 10 tahun kemungkinan tidak akan melonjak secara signifikan di atas 1%. Gubernur Bank of Japan Kazuo Ueda dan rekan-rekannya bermaksud untuk bergerak perlahan menuju normalisasi kebijakan moneter. Terutama karena masa depan inflasi masih diselimuti kegelapan. Menyusul perlambatan harga konsumen di Tokyo dari 2,3% menjadi 2,1%, indeks harga produsen pada bulan Desember menunjukkan kenaikan nihil sepanjang tahun. Ini adalah nilai indikator yang pertama sejak Februari 2021.

Dinamika Inflasi di Jepang

USD/JPY naik karena melemahnya yen

Akibatnya, laju pertumbuhan indeks harga konsumen nasional berisiko menurun, dan Bank of Japan akan mempertimbangkan apakah akan menafsirkan dinamika ini sebagai alasan untuk mengabaikan normalisasi. Akhir-akhir ini, BoJ terlalu fokus pada upah, yang menurut pendapatnya, bisa melonjak hingga 4% setelah negosiasi antara pengusaha dan pekerja di musim semi. Ini akan menjadi kenaikan indikator yang paling signifikan sejak tahun 1992. Mengingat korelasi positifnya dengan inflasi, Kazuo Ueda dan rekan-rekannya akan mempunyai argumen kuat untuk meninggalkan kebijakan suku bunga negatif.

Bagaimanapun, Bank of Japan bermaksud untuk menempuh jalur normalisasi. Dengan latar belakang Federal Reserve dan ECB, yang tidak terburu-buru, hal ini memungkinkan penurunan USD/JPY untuk mengambil keuntungan dan menyebabkan kenaikan harga pasangan ini. Misalnya, Kepala Bank Austria, Robert Holzmann, menyatakan bahwa kenaikan suku bunga deposito tidak dijamin pada tahun 2024, dan mayoritas pejabat Dewan Pengurus, yang dipimpin oleh Kepala Bundesbank, Joachim Nagel, bersikeras bahwa ekspansi moneter tidak boleh dibahas sampai bulan Juni.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
USD/JPY naik karena melemahnya yen

Investor mulai memahami bahwa perbedaan kebijakan moneter antara Federal Reserve dan Bank of Japan mungkin tidak seserius yang diantisipasi pada akhir tahun 2024. Keadaan ini menginspirasi kenaikan USD/JPY untuk menyerang. Potensi kenaikan tampaknya belum dimanfaatkan, juga karena fakta bahwa yen kehilangan statusnya sebagai aset safe-haven. Sebelumnya, negara ini bereaksi tajam terhadap bencana alam dengan pertumbuhan, namun gempa bumi baru-baru ini di Semenanjung Noto justru melemahkannya.

Secara teknikal, pada grafik harian USD/JPY, pergerakan ke atas terus berlanjut, timbul berkat pola 'Three Indians'. Penembusan dan konsolidasi di atas moving average menunjukkan keseriusan niat pembeli. Long positon yang terbentuk dari 142.2 dan meningkat pada penembusan resistance di 144.35 dan 144.9 harus dipertahankan dan ditingkatkan secara berkala pada kemunduran.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.