Note

Kantongi Izin, Arsy Buana (HAJJ) Siap Kelola Hotel hingga Restoran di Arab Saudi

· Views 39
Kantongi Izin, Arsy Buana (HAJJ) Siap Kelola Hotel hingga Restoran di Arab Saudi
Kantongi Izin, Arsy Buana (HAJJ) Siap Kelola Hotel hingga Restoran di Arab Saudi (foto: MNC media)

IDXChannel - Emiten biro perjalanan wisata religi, PT Arsy Buana Travelindo Tbk (HAJJ), mengaku siap mengembangkan bisnisnya di Arab Saudi, sebagai bagian dari penguatan ekspansi perusahaan.

Sejumlah bisnis potensial pun dibidik, mulai dari bisnis pengelolaan perhotelan, transportasi, logistik, akomodasi, restoran, kafe, kantin, hingga penyedia konsumsi untuk layanan umrah dan haji.

Baca Juga:
Kantongi Izin, Arsy Buana (HAJJ) Siap Kelola Hotel hingga Restoran di Arab Saudi Perkuat Ekspansi, Arsy Buana (HAJJ) Dirikan Anak Usaha di Arab Saudi

Langkah ekspansi ini disiapkan menyusul kepastian didirikannya anak usaha HAJJ di Arab Saudi, yaitu Arsy Buana Travelindo LLC (ABT LLC), yang memang disiapkan untuk memperkuat ekspansi perusahaan di pasar Arab dan juga global.

Atas pendirian tersebut, ABT LLC disebut juga telah mengantongi izin berupa lisensi dari Kementerian Investasi Kerajaan Arab Saudi (The Ministry of Invesment of Saudi Arabia/MISA).

Baca Juga:
Kantongi Izin, Arsy Buana (HAJJ) Siap Kelola Hotel hingga Restoran di Arab Saudi Agung Prabowo Tinggalkan Kursi Direksi Arsy Buana (HAJJ)

"Keberhasilan memperoleh lisensi MISA ini adalah pencapaian yang positif bagi Perseroan, karena tidak mudah bagi perusahaan asing terkhusus dari Indonesia untuk memperolehnya," ujar Direktur Utama HAJJ, Saipul Bahri, dalam keterangan resminya, Rabu (17/1/2024).

Keberhasilan ini, menurut Saipul, tidak lepas dari hubungan baik dan berkelanjutan yang telah dijalin sejak lama antara Perseroan dengan pihak kerajaan Arab Saudi.

Baca Juga:
Kantongi Izin, Arsy Buana (HAJJ) Siap Kelola Hotel hingga Restoran di Arab Saudi Gandeng Asphuri, Arsy Buana (HAJJ) Jajaki Kerja Sama Provider Umrah Haji

Langkah strategis ini dikatakan Saipul telah memberikan peluang baru bagi HAJJ untuk dapat mengeksplorasi berbagai segmen bisnis baru. 

"Rencana yang dapat kami eksplorasi adalah pengelolaan hotel secara menyeluruh oleh anak usaha, berbeda yang sebelumnya telah dilakukan, yaitu melalui skema allotment hotel, di mana skema bisnis baru ini memiliki potensi margin profitabilitas yang lebih tinggi bagi Perseroan," tutur Saipul.
 
Rencana bisnis lain yang dapat dieksplorasi adalah memasukkan merek restoran dan kafe Indonesia ke pasar lokal Arab Saudi melalui hotel yang dikelola Perseroan.

Didukung dengan jamaah umrah dan haji Indonesia, yang merupakan jamaah terbesar kedua di dunia, inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman ibadah bagi para jamaah Indonesia. 

Jamaah Indonesia dapat merasa lebih dekat dengan rumah dengan adanya restoran dan kafe yang menyajikan masakan dengan cita rasa Indonesia. 

"Dengan lisensi ini, memungkinkan kami dapat memasukkan berbagai merek restoran maupun kafe dari Indonesia, karena jamaah Indonesia sering rindu dengan cita rasa masakan Indonesia," ungkap Saipul.

Dengan penguatan ekspansi yang dilakukan kali ini, Saipul memastikan bahwa HAJJ terus berkomitmen untuk secara berkelanjutan memperluas dan meningkatkan layanan Perseroan kepada para jamaah yang merupakan konsumen utama Perseroan.

Saipul yakin langkah ini tidak hanya akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan, namun juga menciptakan peluang investasi yang menjanjikan dan mampu meningkatkan kinerja Perseroan kedepannya.

"Langkah ini merupakan bukti nyata komitmen Perseroan untuk terus tumbuh secara berkelanjutan dan meningkatkan nilai Perusahaan kepada seluruh stakeholder," pungkas Agung. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.