Note

Cara Investasi Saham Pemula di HP, 3 Hal yang Harus Disiapkan sebelum Memulai

· Views 49
Cara Investasi Saham Pemula di HP, 3 Hal yang Harus Disiapkan sebelum Memulai
Cara Investasi Saham Pemula di HP, 3 Hal yang Harus Disiapkan sebelum Memulai. (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Bagaimana cara investasi saham untuk pemula di HP? Berkat internet, investor tak perlu lagi mendatangi kantor sekuritas untuk membuka rekening dan melakukan kegiatan jual beli saham. 

Pendaftaran, pembukaan rekening, pengisian saldo untuk pembelian saham, jual beli saham, bahkan mengikuti pembelian Initial Public Offering (IPO) atau penawaran saham perdana, dapat dilakukan hanya dengan gadget dan akses internet. 

Baca Juga:
Cara Investasi Saham Pemula di HP, 3 Hal yang Harus Disiapkan sebelum Memulai 3 Langkah Cara Beli Saham IPO, Investor Baru Boleh Merapat

Namun sebelum mulai berinvestasi, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan oleh seorang calon investor. Apa saja? 

  • Memastikan bahwa mindset dan mental sudah siap untuk mulai berinvestasi
  • Menggunakan ‘uang dingin’ sebagai modal investasi
  • Tidak menggunakan dana darurat, apalagi utang untuk dijadikan modal
  • Mengetahui pengetahuan dasar tentang investasi pasar modal 

Keempat hal di atas adalah hal yang paling mendasar yang mesti dipersiapkan sebelum terjun ke dunia investasi, karena investasi bukan sekadar mengeluarkan uang untuk dibelikan aset. 

Baca Juga:
Cara Investasi Saham Pemula di HP, 3 Hal yang Harus Disiapkan sebelum Memulai 5 Musim di Bursa yang Perlu Diperhatikan Investor, Pilih Waktu Sebelum Jual Beli Saham

Investasi dan trading saham membutuhkan kesiapan mental dan kematangan pola pikir, sebab harga saham tentu akan naik turun dalam kurun waktu tertentu. Dibutuhkan ketenangan agar tidak gegabah mengambil keputusan jual atau beli. 

Calon investor harus mengerti apa perbedaan investasi dan trading, sebab tak jarang orang mengira investasi saham adalah trading, di mana harga saham bisa naik dan turun drastis dalam waktu singkat. 

Baca Juga:
Cara Investasi Saham Pemula di HP, 3 Hal yang Harus Disiapkan sebelum Memulai Minimal Umur untuk Beli Saham: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Sehingga pemilik saham bisa untung sangat cepat, atau justru boncos seketika hingga modalnya menyusut drastis nyaris raib. Pengetahuan dasar tentang pasar modal dapat mengurangi risiko pemilihan saham-saham yang kinerjanya kurang baik. 

Bahkan seorang trader yang sudah lama berkecimpung di dunia saham pun tidak memperjualbelikan sahamnya secara serampangan. Ada perhitungan likuiditas, waktu, kondisi pasar, dan perhitungan potensi untung rugi dalam pengambilan keputusannya. 

Jika calon investor sudah membekali diri dengan matang, maka langkah selanjutnya yang mesti dilakukan adalah sebagai berikut. 

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.