Note

Minyak vs dolar: permainan ekonomi di bawah bayang-bayang Laut Merah

· Views 35

Minyak vs dolar: permainan ekonomi di bawah bayang-bayang Laut Merah


Sehari sebelumnya terjadi sedikit kenaikan pada harga Brent dan penurunan WTI, dipengaruhi oleh melemahnya faktor internal di AS dan kekhawatiran akan konflik di Laut Merah, yang berpotensi menyebabkan perubahan rute kapal tanker, sehingga meningkatkan biaya dan waktu pengiriman.

Harga WTI berfluktuasi sekitar $72,10 per barel selama sesi Asia hari Rabu. Penurunan tersebut disebabkan oleh peningkatan produksi di lokasi ekstraksi minyak Amerika, khususnya di Permian Basin, yang produksinya meningkat menjadi 5,9 juta barel per hari.

Perluasan jaringan pipa Trans Mountain di Kanada akan memudahkan transportasi minyak secara signifikan, sehingga membantu pertumbuhan produksi minyak mentah di Amerika Utara. Berkat peningkatan produksi di bulan November, Kanada telah menjadi produsen minyak terbesar keempat di dunia.

Namun, gangguan pasokan akibat situasi di Laut Merah terus memberikan tekanan pada pasar, sehingga mencegah penurunan harga minyak yang lebih signifikan.

Dolar AS Mendapatkan Kekuatan Setelah Pernyataan Federal Reserve

Indeks dolar AS (DXY) memperoleh kekuatan menyusul komentar dari perwakilan Federal Reserve. Christopher Waller, Ketua The Fed, menyatakan bahwa meskipun terdapat sinyal optimis mengenai inflasi, Federal Reserve tidak berencana untuk terburu-buru menurunkan suku bunga. Raphael Bostic, presiden Fed Atlanta, juga menyatakan bahwa penurunan suku bunga lebih awal dapat menyebabkan ketidakstabilan inflasi.

Penguatan dolar AS menangkal dampak krisis di Laut Merah. Meningkatnya nilai dolar membuat barang-barang dalam mata uang dolar, termasuk minyak, lebih mahal bagi pembeli di negara-negara dengan mata uang berbeda.

Shell, perusahaan energi Inggris, setuju untuk menjual anak perusahaan ekstraksi minyak dan gasnya di Nigeria kepada konsorsium lima perusahaan lokal dengan nilai hingga $2,4 miliar. Keputusan ini diambil mengingat berbagai tantangan yang dihadapi oleh anak perusahaan tersebut, termasuk pencurian, sabotase, dan kesulitan operasional, yang menyebabkan perbaikan yang mahal dan perselisihan hukum yang besar.

Pada hari Selasa, AS melancarkan serangan terhadap pasukan Houthi yang berafiliasi dengan Iran di Yaman menyusul serangan terhadap kapal Yunani di Laut Merah. Shell menangguhkan pengirimannya melalui Laut Merah setelah dimulainya serangan Amerika dan Inggris, namun produsen Amerika, Chevron, terus mempertahankan rute Laut Merahnya.

"Meskipun indikator pasar minyak mungkin tidak sepenuhnya mencerminkan serangan di Laut Merah, harga minyak dan produk minyak bagi konsumen mengalami peningkatan, mengingat terganggunya arus trading melalui Laut Merah dan Terusan Suez," kata Vivek Dhar, Direktur, Strategi Komoditas Pertambangan dan Energi di Commonwealth Bank of Australia.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.