Note

BI Rate Diprediksi Tetap 6 Persen, IHSG dan Rupiah Kompak Melemah

· Views 45
BI Rate Diprediksi Tetap 6 Persen, IHSG dan Rupiah Kompak Melemah
BI Rate Diprediksi Tetap 6 Persen, IHSG dan Rupiah Kompak Melemah (Foto MNC Media)

IDXChannel - IHSG pada sesi I ditutup melemah sebesar 0,62% ke level 7.197,67 pada perdagangan hari ini (17/1/2024). 

"(Pelemahan ini) seiring dengan antisipasi pasar terhadap Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang diperkirakan kembali menahan suku bunga acuan di 6% pada hari ini (17/1)," tulis riset harian dari Panin Sekuritas, siang ini. 

Baca Juga:
BI Rate Diprediksi Tetap 6 Persen, IHSG dan Rupiah Kompak Melemah IHSG Sesi I Turun 0,62 Persen Terbebani Saham Teknologi dan Kesehatan

Menurut riset tersebut, pasar berharap petunjuk yang lebih jelas dari BI mengenai peluang pemangkasan suku bunga acuan di 2024.

Pelemahan IHSG juga sejalan dengan Bursa Asia yang mayoritas bergerak turun. Indeks Jepang menguat 0,15%, namun Indeks Hong Kong anjlok 2,81%, seiring dengan respons investor terhadap pernyataan First Deputy Managing Director dari International Monetary Fund (IMF), Gita Gopinath.

Baca Juga:
BI Rate Diprediksi Tetap 6 Persen, IHSG dan Rupiah Kompak Melemah IHSG Dibuka Positif, Transaksi Saham Tembus Rp1,6 Triliun

Gita mengatakan, masih prematur untuk menyatakan bahwa Bank Sentral di dunia akan agresif memangkas suku bunga. Dia memperkirakan, suku bunga baru akan turun di semester II-2024.

Pergerakan harga komoditas bergerak sebagian besar melemah. Pun dengan nilai tukar rupiah loyo 0,30 persen ke level Rp15.639 per USD. Harga emas turun 0,76% dan harga minyak Brent terpangkas 0,69% karena para pelaku pasar mengurangi ekspektasi mereka terhadap penurunan suku bunga lebih awal dari Federal Reserve. 

Baca Juga:
BI Rate Diprediksi Tetap 6 Persen, IHSG dan Rupiah Kompak Melemah BI Rate Bisa Turun di Semester II 2024, BI: Bukan Ikut-Ikutan The Fed
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.