Note

Berangkat ke IKN, Jokowi Bakal Groundbreaking 10 Proyek Infrastruktur

· Views 29

Pasardana.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Rabu (17/1) dijadwalkan melakukan kunjungan ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kunjungan yang pertama ke IKN di tahun 2024 ini, Presiden berangkat bersama rombongannya yang terdiri dari Menteri BUMN, Erick Thohir dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Gandi Sulistiyanto.

Rombongan tersebut, lepas landas dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada pukul 06.30 WIB.

Selama di IKN, Jokowi akan melakukan groundbreaking sejumlah infrastruktur. 

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono mengatakan, groundbreaking tahap IV ini menjadi groundbreaking pertama di tahun 2024.

Proyek yang akan dibangun kali ini dibagi dalam tiga kategori.

Kategori pertama adalah groundbreaking dari dua BUMN, PT Pos Indonesia yang membangun Nusantara Logistic Hub dan Radio Republik Indonesia (RRI) yang membangun Studio Siaran Radio.

Sedangkan untuk kategori kedua adalah groundbreaking yang dilakukan oleh swasta, yaitu SUN Hub yang membangun area pergudangan, Jambuluwuk Group yang membangun hotel bintang 5, Green Pesantren, dan pembangunan Nusantara Warehouse Park yang dilakukan PR Wulandari Bangun Laksana.

Selanjutnya, untuk Kategori terakhir adalah groundbreaking fasilitas lembaga negara, yaitu Kantor Otorita IKN, Masjid Negara, Memorial Park yang akan dibangun PUPR dengan APBN, dan Kantor Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) yang dibangun dengan anggaran non-APBN.

Untuk diketahui, sampai akhir 2023, pemerintah sudah melakukan tiga kali groundbreaking di IKN.

Groundbreaking tahap pertama, nilai investasinya sebesar Rp 23,1 triliun.

Groundbreaking tahap dua, nilai investasinya sebesar Rp 13,1 triliun.

Sampai groundbreaking tahap ketiga yang dilakukan pada Desember 2023, total keseluruhan investasi IKN di tahun lalu mencapai Rp 41,4 triliun.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.